Suporter Jepang Latah, Minta Libur Nasional Seperti Arab Saudi

Jepang secara mengejutkan bisa kalahkan Jerman 2-1

Jakarta, IDN Times - Jepang mengikuti jejak Arab Saudi dengan meraih kemangan mengejutkan di Piala Dunia 2022. Masyarakat Negeri Matahari Terbit pun menuntut kepada pemerintah memberikan libur nasional.

Skuad Samurai Blue secara tak terduga bisa menumbangkan Jerman 2-1 alam laga babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022). 

Sama halnya dengan euforia yang dirasakan masyarakat Arab Saudi, rakyat Jepang juga merayakan kemenangan itu dengan turun ke jalan dan membuat pesta di jalanan. 

1. Kemenangan Jepang atas Jerman membuat masyarakat turun ke jalan

Suporter Jepang Latah, Minta Libur Nasional Seperti Arab Saudipotret gembira suporter saat Timnas Jepang berhasil mengalahkan Timnas Jerman (twitter.com/FIFAWorldCup)

Menariknya, masyarakat Jepang menuntut pemerintah mengikuti jejak Arab Saudi. Mereka menyuarakan agar pemangku kepentingan memberikan libur nasional sebagai bentuk apresiasi kepada Takuma Asano dan kolega yang bisa meraih hasil positif melawan juara empat kali Piala Dunia itu.

“Kemenangan [Jepang] pada Rabu membuat munculnya pereayaan besar di Shibuya dan menuntut Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengikuti langkah Arab Saudi untuk memberikan mereka libur nasional,” tulis The Guardian.

Baca Juga: Viral Aksi Bersih-bersih Suporter Jepang di Piala Dunia 2022

2. Suporter yang tak percaya Jepang bisa kalahkan Jerman

Suporter Jepang Latah, Minta Libur Nasional Seperti Arab Saudipotret suporter Timnas Jepang (instagram.com/fifa)

Seorang suporter Jepang di Tokyo, Yui Sasaki, mengaku masih tak menyangka Jepang bisa mengalahkan Jerman dalam laga pertamanya di Piala Dunia. Terlebih, skuad Die Mannschaft datang dengan status unggulan dalam ajang empat tahunan tersebut.

Dia pun menilai, kemenangan ini merupakan keajaiban yang diraih Jepang. 

“Jujur saja, sebelum laga dimulai, saya berpikir jika Jepang butuh keajaiban untuk bisa menang atas Jerman,” ujar dia.

3. Jepang berada di posisi dua klasemen Grup E Piala Dunia 2022

Suporter Jepang Latah, Minta Libur Nasional Seperti Arab Saudipotret selebrasi pemain Jepang (twitter.com/FIFAWorldCup)

Sebelumnya, rakyat Arab Saudi mendapatkan libur nasional usai timnas mereka mampu membuat kejutan lebih dulu dengan mengalahkan Argentina. Raja Salman memberikan hari libur nasional yang diterapkan di seluruh level, demi menyambut kemenangan bersejarah Arab Saudi.

Sementara, sampai saat ini belum ada kejelasan soal keinginan rakyat Jepang untuk meminta libur nasional usai jagoan mereka menang atas Jerman di Piala Dunia 2022.

Kemenangan atas Jerman membuat Jepang kini bertengger di peringkat dua klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan catatan tiga poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Spanyol yang menang telak atas Kosta Rika 7-0.

Baca Juga: Jepang Selalu Ajarkan Soal Kebersihan di Piala Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya