Comscore Tracker

Syarat Wajib Vaksin Buat Pemain Liga 1 Musim 2021/22

Klub wajib terapkan protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan, seluruh tim siap menjalani kompetisi Liga 1 2021/2022. Mereka sepakat, vaksinasi jadi syarat utama bagi seluruh pihak yang terlibat dalam kompetisi. 

Sebelumnya, PT LIB menggelar manager meeting bersama perwakilan klub dan PSSI terkait kesiapan tim-tim pada Rabu (4/8/2021). Mereka membahas mengenai mekanisme teknis, cara menjalankan protokol kesehatan yang ketat selama kompetisi, dan membahas jadwal pertandingan. 

"Vaksin akan menjadi kewajiban bagi setiap klub. Nanti, bagi siapapun yang masuk ke arena pertandingan ada persyaratan wajib kartu vaksin dengan data yang valid. Peraturan ini berlaku untuk semua pemain dan yang terlibat di pertandingan," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, kepada awak media usai pertemuan petang tadi WIB.

1. PT LIB bakal data ulang pemain yang sudah vaksin

Syarat Wajib Vaksin Buat Pemain Liga 1 Musim 2021/22Ketua Organizing Committee Piala Menpora dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, saat memberi keterangan kepada awak media. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Kini, PT LIB pun bakal melakukan pendataan kepada setiap klub dan seluruh pihak yang terlibat untuk memastikan syarat vaksinasi terpenuhi. Jadi, sebelum kick-off kompetisi dilangsungkan, operator kompetisi sudah mengantongi data tersebut. 

"Kami akan mendata ulang semuanya (siapa saja yang sudah vaksin). Persipura Jayapura juga sedang kami pastikan datanya, karena saat Piala Menpora tak ikut," ujar Akhmad Hadian.

Dia meminta, klub memberikan data pemain, baik yang sudah selesai vaksin dua dosis, satu, atau yang belum sama sekali. Sebab, PT LIB bakal membuka kesempatan kepada para pemain dan pihak terkait lainnya untuk bisa mendapatkan vaksin sebelum kompetisi resmi digelar.

Baca Juga: Dokter Tirta Buka Suara soal Nasib Liga 1 dan Liga 2

2. Pemain akan disertakan dalam program vaksin COVID-19

Syarat Wajib Vaksin Buat Pemain Liga 1 Musim 2021/22IDN Times/Arief Rahmat

Sementara, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno sedikit lega karena mayoritas pemain klub Liga 1 sudah divaksin. Namun, PT LIB memberikan dispensasi kepada pemain dan yang terlibat dalam pertandingan. Mereka minimal sudah mendapatkan vaksin dosis pertama untuk ikut bertanding, sambil menunggu yang kedua diselesaikan saat kompetisi berjalan.

"Saat Piala Menpora banyak juga pemain yang sudah divaksin atau baru satu kali. Jika belum mendapatkan vaksin, saat ada jadwal di tengah kompetisi Liga 1 berjalan, mereka akan mengikuti program tersebut," kata Sudjarno.

"Kami sudah berbicara dengan pemain dan klub, mohon menjaga kedisiplinan dan kerja sama untuk menjaga prokes di luar pertandingan untuk tak keluar dalam area yang ditentukan. Klub harus lebih bertanggung jawab dengan para pemainnya, terutama saat berada di luar pertandingan," lanjutnya.

3. Jadwal kompetisi tak akan bentrok dengan agenda Timnas Indonesia

Syarat Wajib Vaksin Buat Pemain Liga 1 Musim 2021/22Liga-Indonesia.id

Di luar protokol ketat yang wajib dijalankan, PT LIB menjamin jika jadwal kompetisi tak akan berbenturan dengan agenda Timnas Indonesia. Dia memastikan ketika Timnas Indonesia bertanding atau dalam periode FIFA matchday, kompetisi akan berhenti. Operator sengaja memberikan kesempatan Timnas untuk bertanding.

PT LIB sejauh ini menyatakan masih menggodok jadwal Liga 1 musim ini. Sudjarno memastikan, jadwal tersebut akan terbit satu pekan sebelum kick-off kompetisi kasta tertinggi Indonesia ini dimulai.

"Jadwal pekan pertama akan dirilis satu pekan sebelum kick-off, kami sepakat dengan klub saat virtual meeting. Nanti akan melakukan manager meeting kembali terkait siapa yang bertanding, di mana lokasinya, setelah selesai, baru kami umumkan," ujar Sudjarno.

Sementara, PT LIB sudah memastikan jika Liga 1 musim ini akan menggunakan sistem bubble sesuai dengan rencana awal. Format kompetisi nantinya digelar dalam enam seri dan tiga klaster. Kemudian, nanti akan ada jeda di masing-masing seri.

Baca Juga: PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya