Comscore Tracker

Tabuh Genderang Perang! Unai Emery Sebut Arsenal Tak Penting

Unai Emery punya performa tak bagus selama bersama Arsenal

Jakarta, IDN Times - Reuni antara Unai Emery dan Arsenal baru akan terjadi sekitar dua pekan lagi. Namun, genderang perang sudah ditabuh eks pelatih Meriam London tersebut.

Unai Emery saat ini merupakan pelatih Villareal, klub yang bakal jadi lawan Arsenal di semifinal Liga Europa 2020/21. Keduanya bakal bentrok dalam dua laga yang digelar pada 29 April dan 6 Mei 2021.

Villareal melangkah hingga semifinal Liga Europa usai menang dengan agregat 3-1 atas Dinamo Zagreb. Sementara, Arsenal melaju mulus dengan melewati adangan Slavia Praha 5-1.

1. Kenangan bersama Arsenal tak begitu penting

Tabuh Genderang Perang! Unai Emery Sebut Arsenal Tak Pentingtwitter.com/CannonInsider

Baca Juga: Arsenal dan Unai Emery Akan Reuni di Semifinal Liga Europa

Unai Emry menyebut, pertemuannya dengan mantan tim yang pernah ditanganinya kali ini tidak penting. Menurut dia, klub asal London Utara itu sudah tak punya kaitan dengannya. Ia pun tak risau dengan kekuatan Arsenal.

“Saat saya sudah menandatangani kerja sama bersama Villarreal, hal tersebut merupakan bagian dari prosesnya. Anda hendak melalui kesempatan dan menerima keinginan setiap orang,” ujar pelatih berusia 49 tahun itu dikutip dari Goal International.

"Kami punya impian lebih baik. Kenangan saya bersama Arsenal bukanlah sesuatu yang penting,” lanjut dia.

2. Tak punya catatan manis selama di London

Tabuh Genderang Perang! Unai Emery Sebut Arsenal Tak Pentingcaughtoffside.com

Wajar jika Unai Emery tak merasakan momen terindah di Arsenal. Ia hanya bertahan jadi manajer tim tersebut selama 18 bulan.

Ia tak banyak diberi kesempatan membuktikan diri, lantaran dinilai tak mampu meningkatkan performa Arsenal. Persentase kemenangan yang dimilikinya cukup kecil kala menangani Arsenal.

Unai Emery cuma bisa meraih 55,1 persen saja dari semua penampilannya bersama klub Inggris itu. Dari 78 penampilan, hanya 43 berakhir menang, sisanya 16 imbang dan 19 kali Arsenal menderita kekalahan.

Dengan hasil jeblok dan perlakukan klub, wajar bekas pelatih Paris Saint-Germain itu tak menunjukkan kebahagiaan selama bersama Arsenal.

3. Unai Emery jadi raja di Liga Europa

Arsenal patut waspada dengan rekor manis yang ditorehkan mantan pelatihnya itu. Unai Emery punya statistik sangat baik ketika menangani suatu tim di Liga Europa. Buktinya, Sevilla berhasil diantarkan menjadi juara sebanyak tiga kali.

Selain itu, ia juga benar-benar dikenal sebagai rajanya Liga Europa dalam satu dekade terakhir. Ia mampu enam kali membawa empat tim berbeda ke babak semifinal ajang tersebut. Catatan itu merupakan yang terbanyak dalam sejarah pergelaran Liga Europa. 

Valencia, Arsenal, Sevilla dan tentu tim yang dinakhodainya musim ini, Villareal, adalah bukti sahih kehebatannya di ajang tersebut.

Baca Juga: 4 Tim Lolos ke Semifinal Liga Europa, Ini Jadwalnya

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya