Comscore Tracker

Tak Diizinkan Ipswich Town, Elkan Baggott Batal Bela Timnas Indonesia 

Elkan Baggott jalani persiapan pramusim bersama Ipswich Town

Jakarta, IDN Times - Pemain keturunan yang tengah meniti karier di Inggris, Elkan Baggott, dipastikan gagal membela Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan, pemain muda tersebut tak mengantongi izin dari klubnya Ipswich Town untuk pergi ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Saat ini, Evan Dimas dan kolega sudah menjalani pemusatan latihan selama satu pekan, tepatnya sejak 17 Mei 2021. Mereka bakal terus berada di Dubai hingga seluruh laga sisa kualifikasi Pial Dunia 2022 rampung digelar.

"PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott, ia menyatakan bahwa tidak dapat bergabung bersama timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dalam rilis resmi PSSI, Senin (23/5/2021) dini hari WIB.

1. Tak bisa menyusul karena Dubai masuk zona merah COVID-19

Tak Diizinkan Ipswich Town, Elkan Baggott Batal Bela Timnas Indonesia Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Dubai, Senin (17/5/2021).

Pemain yang musim lalu sempat dipinjamkan Ipswich Town ke klub divisi lima Inggris, King's Lynn Town, memastikan tak bisa menyusul Timnas Indonesia kali ini. Dubai termasuk zona merah COVID-19, sehingga hal itu membuat klubnya melarang ia melakukan debut dengan Timnas Indonesia Senior.

Maklum, Inggris menerapkan peraturan ketat untuk penduduknya jika berkunjung ke negara yang masih memiliki penularan virus corona cukup tinggi. Mereka wajib melakukan karantina kepada orang yang kembali ke Inggris usai dari negara zona merah. 

Hal itu dinilai bisa menyita waktu Elkan Baggott. Sebab, ia harus menjalani program persiapan di pramusim bersama Ipswich Town awal Juni 2021.

Baca Juga: Tiba di Dubai, Shin Tae Yong Ajak Timnas Berlatih di Pantai

2. Elak Baggott sudah dibelikan tiket dan dijadwalkan bergabung pada 31 Mei 2021

Tak Diizinkan Ipswich Town, Elkan Baggott Batal Bela Timnas Indonesia Pemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Hal ini tentu sedikit mengubah rencana PSSI, karena sebelumnya sudah menyiapkan tiket penerbangan ke Dubai untuk Elkan Baggott pada 31 Mei 2021. Hal ini pun langsung dikomunikasikan kepada pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

Selain Baggott, empat pemain yang mentas di kompetisi luar negeri, yakni Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia) dipastikan bakal tetap membela Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Keempatnya sudah mulai bergabung dengan skuat Garuda beberapa hari lalu. 

Shin sempat mengharapkan pemain berusia 18 tahun itu bisa tampil membela Timnas Indonesia. Terlebih sang pemain sebelumnya menunjukkan performa terbaik saat membela Ipswich Town  U-18 di Piala FA Youth Cup 13 Mei 2021. Sayang saat itu mereka harus mengakui keunggulan Liverpool 1-2 di laga babak semifinal tersebut.

3. Shin Tae Yong Gembleng Timnas Indonesia sebelum laga kualifikasi Piala Dunia

Tak Diizinkan Ipswich Town, Elkan Baggott Batal Bela Timnas Indonesia Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Dubai, Senin (17/5/2021).

Timnas Indonesia sengaja terbang ke Uni Emirat Arab (UEA) lebih cepat. Selain menjalani pemusatan latihan (TC) lebih dulu, mereka dijadwalkan bakal menjalni dua laga uji coba, masing-masing melawan Afghanistan (25 Mei 2021) dan Oman (29 Mei).

Baru setelah itu, mereka bakal menyelesaikan tiga laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, yakni melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan Uni Emirat Arab (11 Juni). Seluruh laga tersebut bakal dilangsungkan di UEA.

Elkan Baggott dipastikan absen dalam agenda Timnas Indonesia di Dubai. Lalu, apakah Shin Tae Yong akan memanggil pemain baru? kita tunggu saja kabarnya.

Baca Juga: Shin Tae Yong Mulai Berikan Latihan Taktik kepada Timnas Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya