Comscore Tracker

Tak Lolos Piala AFC U-19 dan U-16, Thailand Buat Sejarah Buruk

Pertama kali dalam 29 tahun terakhir Thailand gagal

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 mampu lolos ke putaran final Piala AFC U-19 di Uzbekistan pada 2020 mendatang. Sebaliknya, tim yang selalu jadi parameter sepakbola Asia tenggara, yakni Thailand secara mengejutkan harus tersingkir di fase kualifikasi.

Hasil itu menambah buruk, deretan prestasi sepakbola Thailand yang didapatkan musim ini untuk kelompok umur. Sebab, sebelumnya juga mereka harus menelan pil pahit di babak kualifikasi Piala AFC U-16 lantaran lantaran mereka juga gagal melalu ke babak utama tahun depan.

1. Gagal loloskan timnasnya ke Piala AFC untuk kelompok umur, Thailand catat sejarah kelam

Tak Lolos Piala AFC U-19 dan U-16, Thailand Buat Sejarah BurukTwitter/@AFFPresse

Bahkan kegagalan mereka lolos tahun ini ke putaran final Piala Asia U-19 2020 masuk ke dalam catatan kelam sejarah sepakbola negara berjuluk Negeri gajah Putih tersebut karena tak mengirimkan tim ke Piala AFC untuk kelompok umur pada tahun yang sama sejak 29 tahun terakhir.

Thailand U-19 dipastikan gagal melangkah ke Uzbekistan karena hanya menduduki peringkat tiga klasemen Grup G dengan raihan poin enam hasil dari dua kali menang dan dua kalah. Mereka kalah bersaing dari Malaysia (1) dan Kamboja (2) yang secara mengejutkan mampu lolos ke putaran final Piala AFC U-19.

Baca Juga: Timnas Lolos ke Piala AFC U-19, Indra Sjafri Apresiasi PSSI

2. Thailand U-19 dikalahkan Malaysia dan Kamboja

Tak Lolos Piala AFC U-19 dan U-16, Thailand Buat Sejarah BurukAsianGames.id

Walau diperkuat pemain yang digadang-gadang bakal menjadi bintang Thailand di masa mendatang, yakni Suphanat Mueanta. mereka tetap gagal menunjukkan performa terbaiknya. Alih-alih tampil perkasa, Thailand justru harus dikalahkan oleh Malaysia (1-0) dan Kamboja (2-1).

Walhasil, Thailand U-19 menyamai torehan yang diraih oleh adik kelasnya di U-16 yang juga gagal karena tak masuk dalam empat runner up terbaik karena berada di bawah Yaman, Indonesia, Uzbekistan, dan Oman.

3. Timnas Thailand U-23 bisa tak lolos ke babak utama Piala AFC jika tak jadi tuan rumah

Tak Lolos Piala AFC U-19 dan U-16, Thailand Buat Sejarah Burukfathailand.org

Mereka sebetulnya tampil gemilang di dua laga awal dengan menggunduli Myanmar (4-0) dan China Taipei (6-0). Namun, pada laga penentuan mereka gagal meraih kemenangan karena ditaklukkan oleh Korea Selatan 2-0.

Hal serupa hampir dialami oleh Thailand U-23 yang tampil pada babak kualifikasi Piala AFC U-23. Sebab, mereka menduduki posisi runner up dengan torehan enam poin, terpaut tiga poin dari Vietnam yang berhasil mencukur mereka 4-0 sekaligus menjadi juara Grup K.

Beruntung, mereka tetap bisa tampil pada putaran final Piala AFC U-23 2020. Hal itu didapat karena berstatus sebagai tuan rumah penyelenggaraan sehingga mendapatkan jatah tiket otomatis lolos ke putaran final.

Baca Juga: Piala AFC U-19 2020, Ini Alasan Timnas U-19 Ditempatkan di Pot Kedua

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You