Tak Tergantikan di Garuda Select, Apa Rahasia David Maulana?

David juga jadi kunci saat skema bola mati didapat timnya

Jakarta, IDN Times - Performa Garuda Select ketika melawan Huddersfield Town U-18, Selasa (18/2) lalu, memang terbilang lebih baik jika dibandingkan dua laga sebelumnya, saat menghadapi Queen's Park Rangers dan Sheffield United. Terlepas dari skor telak yang dimenangkan Garuda Select, sejatinya, semua pemain tampil mengesankan.

Namun, ada satu pemain yang tetap memperlihatkan konsistensi dari pekan ke pekan. Pemain itu adalah David Maulana. Berposisi sebagai gelandang, ia mampu menjawab ekspektasi dari tim pelatih yang memanggilnya kembali untuk meningkatkan kualitas tim. Sejak kali pertama merumput kembali bersama Garuda Select, belum sekali pun ia ditarik keluar.

1. David sejatinya tak diberi beban mencetak gol

Tak Tergantikan di Garuda Select, Apa Rahasia David Maulana?David Maulana merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Huddersfield Town. Dok. Mola TV

Fungsi utama David sejatinya memang bukan mencetak gol. Namun, ketika menghadapi Huddersfield, David menunjukkan dirinya juga bisa menjebol gawang lawan. Pada pertengahan babak kedua, eksekusi tendangan bebasnya tidak mampu diantisipasi kiper Huddersfield, Michael Roxburgh, sekaligus memastikan keunggulan 3-0 bagi timnya.

Meski demikian, gelandang yang dipercaya sebagai kapten tim itu menolak dianggap sebagai aktor utama kemenangan Garuda Select atas Huddersfield. Menurutnya, hasil positif di Aspray Arena, Willenhall, tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen tim.

Baca Juga: Cetak 11 Gol, Bagus Kahfi Pimpin Daftar Topskor Garuda Select Jilid II

2. David sebut kekompakan tim bikin Garuda Select lebih baik dari hari ke hari

Tak Tergantikan di Garuda Select, Apa Rahasia David Maulana?Garuda Select vs Huddersfield Town U-18 (Dok. Mola TV)

David sendiri lebih mementingkan kinerja tim di lapangan, alih-alih performa mainnya yang konsisten. Menurut dia, komunikasi tim yang baik berujung kepada bagaimana Garuda Select bisa memenangkan laga dengan baik.

"Kami belajar pentingnya berkomunikasi untuk mengawasi pergerakan lawan. Secara individu, saya jadi lebih waspada untuk memantau di mana letak lawan ketika sedang memegang bola. Kemudian, aspek lain seperti kekompakan, juga semakin terasah karena ini sepak bola. Kepentingan tim harus diutamakan," terang David kepada Mola TV.

3. Efektivitas bola mati Garuda Select juga semakin baik

Tak Tergantikan di Garuda Select, Apa Rahasia David Maulana?Garuda Select vs Huddersfield Town U-18 (Dok. Mola TV)

Efektivitas dalam mengeksekusi bola mati memang menjadi salah satu fokus tim pelatih dalam meningkatkan kualitas permainan. Eksekusi tendangan bebas David yang berbuah gol menunjukkan kerja keras itu berbuah hasil.

"Bola mati memang penting dalam sepak bola, baik ketika menyerang mau pun bertahan. Kita bisa menang dan kalah lewat skema ini. Tentu saja saya melihat peningkatan pesat dari para pemain sejak pertama kali datang," kata asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes.

 

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di: ​Mola TV.

Baca Juga: Garuda Select Jalani Program Kepelatihan FA Inggris

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya