Comscore Tracker

Tampil Lumayan, Timnas U-23 Kalah Tipis dari Yordania

Timnas U-23 kecolongan lewat gol cepat di babak kedua

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 kembali menelan kekalahan dalam laga lanjutan turnamen CFA Team China Chong Oing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019.

Tampil dalam laga kedua, mereka harus mengakui keunggulan Yordania dengan skor tipis 1-0 di Stadion Wuhan Sport Center, Minggu (13/10).

Indra Sjafri membuat sedikit perubahan dalam laga kali ini dengan menampilkan Bagas Adi, David Rumakiek, I Kadek Agung Widnyana. Sedangkan, Egy Maulana, Syahrian Abimanyu, serta sektor penjaga gawang masih mempertahankan Nadeo Argawinata yang juga tampil saat Timnas ditaklukkan tuan rumah Tiongkok 2-0 di laga sebelumnya.

Kedua tim tampil terbuka sejak babak pertama dimulai. Keduanya sesekali bisa menembus pertahanan masing-masing, hingga membuat peluang yang mengancam gawang. Hanya saja, hingga memasuki menit ke-10, masih belum ada kesempatan yang bisa dikonversi menjadi gol oleh keduanya.

Lini belakang Timnas U-23 tampil cukup baik hingga laga berjalan 20 menit. Walhasil, para penggawa Yordania amat kesulitan menembus kokohnya kuartet bek Merah-Putih. Bahkan, mereka terlihat sedikit frustrasi karena sulitnya menciptakan peluang untuk bisa mengubah keadaan di babak pertama.

Keadaan perlahan berubah. Lima menit berselang, Yordania mulai menguasai jalannya pertandingan. Lini tengah mereka tampil lebih kolektif dan berani menguasai bola lebih lama. Permainan tersebut membuat Timnas U-23 tampil lebih dalam dan menunggu di garis pertahanan.

Namun demikian, pasukan Garuda Muda mampu mencuri peluang pada menit ke-33 lewat kaki Witan Sulaeman memanfaatkan umpan dari Egy yang sebelumnya berhasil merangsek di sisi kanan pertahanan Yordania. Sayang, sepakan Witan masih melambung tipis di atas mistar gawang sehingga belum bisa mengubah kedudukan.

Kedua tim sebetulnya mampu menciptakan kesempatan lainnya untuk mencetak angka di babak pertama. Hanya saja, pada sisa waktu yang masih ada, baik Timnas U-23 mau pun Yordania gagal mengubah keadaan. Skor sama kuat pun bertahan sampai turun minum.

Memasuki interval kedua, masing-masing tim melakukan perubahan yang banal. Baik Indra atau pelatih Yordania nampaknya sengaja mencoba untuk memberikan kesempatan pada pemain lain untuk mendapatkan menit bermain dalam mini turnamen yang diikuti empat tim ini.

Perubahan Yordania berbuah manis. Mereka mampu mencuri gol saat babak kedua dimulai beberapa menit saja. Pemain yang baru masuk, yakni Yazan Alnaimat berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan voli keras di dalam kotak penalti yang tak bisa dibendung Nadeo.

Tertinggal 0-1, Muhammad Rafli dan kolega tersengat. Mereka mulai keluar menyerang dan mencoba mengejar ketertinggalan. Namun, beberapa kali trio lini penyerang Timnas U-23 tampil kurang tenang sehingga serangan-serangan mereka acap kali gagal sebelum memasuki kotak penalti.

Timnas U-23 tak patah arang. Mereka terus mencoba untuk menyamakan kedudukan dengan mengancam gawang Rafat Al Raab. Tapi, hingga memasuki menit ke-80 anak asuh Indra ini masih belum bisa mencetak gol. Skor untuk keunggulan Yordania 0-1 pun masih belum berubah.

Dalam 10 menit waktu pertandingan sisa, Timnas U-23 terus berusaha untuk mencetak gol. Sebaliknya, Yordania hanya sesekali memberikan ancaman ke gawang Nadeo. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedua tim gagal mengubah keadaan. Yordania pun berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 0-1 atas Indonesia.

 

Susunan pemain:

Timnas U-22 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi, David Rumakiek; Luthfi Kamal, Syahiran Abimanyu, I Kadek Agung Widnyana; Egy Maulana Fikry. Muhammad Rafli, Witan Sulaiman.

Yordania U-22 (4-3-3): Rafat Al Raab; Basam Daldoum, Yazan Abdelaal, Saed Alrousan, Ihab Alkhwaldeh, Ahmad Haikal; Moath Ammouri, Nizar Al Rashdan; Omar Alzebdieh, Mohammad Abu Riziq, Ali Olwan.

Baca Juga: Kalah dari Tiongkok, Timnas U-23 Diminta Bangkit dan Evaluasi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You