Comscore Tracker

Target Zahra Jebol Gawang Australia di Piala Asia 2022

Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2022

Jakarta, IDN Times - Pemain Timnas Indonesia Putri, Zahra Muzdalifah, punya target pribadi saat mentas di Piala Asia 2022. Dia punya motivasi berlipat, karena ini untuk pertama kalinya lagi pasukan Srikandi bisa kembali mentas di turnamen elite tersebut dalam 33 tahun terakhir.

Indonesia tergabung di Grup B bersama tim kuat Australia, Thailand, dan Filipina, dalam ajang yang digelar di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Keempatnya akan bertarung memperebutkan tiket ke fase gugur. 

"Target aku sih masuk tiga besar di grup. Untuk target pastinya kalau berapa gol sebenarnya enggak, asal bisa jebol gawangnya Australia saja. Secara, hasil enggak peduli. Kalau bisa cetak gol di gawang Australia itu jadi catatan tersendiri," kata Zahra.

1. Tak silau kekuatan Australia

Target Zahra Jebol Gawang Australia di Piala Asia 2022Pesepak bola timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah (kiri) menggiring bola saat pertandingan internal pada pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pada laga pertama, Indonesia akan berhadapan dengan Australia, Jumat (21/1/2022). Banyak diperkuat pemain berkualitas dan pengalaman tampil di kompetisi Eropa, Zahra tak gentar. Dia ingin membuat kejutan dan menyulitkan skuad Socceroos. 

"Sama-sama makan yang kami makan, jadi buat apa takut. Bedanya, mereka lebih berpengalaman saja dan berkembang sepak bola wanitanya. Jadi dari kecil, mereka itu terdidik sepak bolanya," ujar pemain yang sempat membela Persija Jakarta ini. 

"Sedangkan, kalau kami kan asal asal main. Jadi, bisa dibilang mereka bisa bermain lebih pintar dari kami, tapi makannya sama. Jadi, kenapa takut," lanjut dia.

Baca Juga: Ingin Buat Keajaiban, Timnas Putri Kejar Tiket Piala Dunia

2. Sudah pelajari kekuatan Socceroos

Target Zahra Jebol Gawang Australia di Piala Asia 2022Sam Kerr (kiri) jadi pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia Wanita. (espn.com)

Zahra percaya diri, karena sudah mulai tahu kekuatan Australia. Walau belum pernah bertemu sama sekali di lapangan, dia dan para pemain terus melihat pertandingan calon lawannya itu di setiap waktu. Dia pun mempelajari kelemahan lawan yang bisa dieksploitasi dalam laga nanti.

"Kami baru pertama kali jumpa dengan mereka. Kalau Thailand dan Filipina pernah. Jadi, kami benar-benar menonton pertandingan Australia terus, saat makan dan setiap waktu. Kami terus analisis permainan mereka. Kami sudah tahu kelemahannya di mana saja. Kami tahu kapan kami harus pressing ke daerah kelemahan mereka juga. Jadi bermain sesuai itu," ujar wanita 20 tahun tersebut

3. Berjuang mati-matian di Piala Asia 2022

Target Zahra Jebol Gawang Australia di Piala Asia 2022Timnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Zahra hanya bisa menjamin, Srikandi Indonesia akan tampil mati-matian melawan Australia nanti, termasuk kontra Thailand dan Filipina. Dia ingin hal ini jadi momentum untuk menunjukkan sepak bola wanita di Indonesia juga bisa maju dan berkembang untuk membanggakan masyarakat. 

"Ini pertama kalinya lagi kami lolos ke Piala Asia. Ini adalah sesuatu yang wow banget, bagi Indonesia dan sepak bola Tanah Air. Motivasi kami sangat besar, karena enggak tahu kapan lagi bisa main di sini," kata Zahra.

Lalu, apakah bisa Timnas Indonesia Wanita berbicara banyak di Piala Asia Wanita 2022? sepak terjang skuad Garuda Pertiwi layak untuk dinantikan.

Baca Juga: Penggawa Timnas Wanita Indonesia Gabung AS Roma

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya