Tawuran Suporter di Ligue 1 Sudah Kelewatan, Bikin Malu!

Kerusuhan terjadi dalam laga Lens melawan Lille

Jakarta, IDN Times - Kerusuhan antar suporter kembali terjadi di kompetisi kasta tertinggi Prancis, Ligue 1. Kali ini, para penonton mengganggu pertandingan antara Lens kontra Lille pada duel pekan enam, 18 September 2021 lalu.

Pada pertandingan yang digelar di Stade Bollaert-Delelis tersebut, kedua tim bermain cukup ketat. Namun, akhirnya juara bertahan harus menyerah dengan skor tipis 0-1 dari Lens lewat gol tunggal Przemyslaw Frankowski menit 74.

Sebelum duel dimulai, panitia pelaksana pertandingan terpaksa menunda kick-off selama 30 menit. Hal itu tak lepas dari memanasnya tensi antara kedua suporter yang berada di stadion tersebut.

1. Bentrok terjadi sebelum laga

Tawuran Suporter di Ligue 1 Sudah Kelewatan, Bikin Malu!Suporter Lens dan Lille rusuh sebelum kick off kedua kesebelasan berlangsung. (archysport.com).

Laporan Sky Sport menyebutkan, keributan antar suporter di tribune bermula dari aksi saling lempar di sektor Trannin Stand. Kondisi itu semakin memanas dan memaksa ultras yang memadati sektor Marek Stand, merangsek ke lapangan dengan kondisi emosi.

Walhasil, petugas keamanan di stadion harus bekerja ekstra untuk mengadang ultras yang berada di pinggir lapangan. Mereka mencoba membuat kondisi kembali kondusif agar pertandingan bisa segera dimulai.

Perlahan, suporter bisa menahan emosinya dan kembali memasuki tribune penonton. Pertandingan bisa digelar dengan baik hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Baca Juga: Tawuran Suporter Nodai Leicester Vs Napoli, Bikin Malu!

2. Kesaksian pendukung Lens yang jadi korban lemparan

Salah seorang suporter Lens, Remi, jadi korban dalam insiden tersebut. Dia memberikan kesaksiannya dalam kerusuhan yang terjadi sebelum pertandingan. Dia yang berada di Trannin Stand, dikejutkan aksi saling lempar antar pendukung. Hal itu imbas dari aksi saling hina yang terjadi beberapa waktu sebelumnya.

"Orang-orang kami melakukan gerakan dekat dengan tribune samping lahan parkir pendukung Lille. Saat semua saling menghina dan keadaan mulai panas, saya berusaha pergi ke area bawah untuk menghindari risiko," ujar Remi dikutip RMC Sport

"Namun, suporter Lille masuk ke tribune netral dengan menaiki gerbang. Saya pun menolong orang-orang disekitar dan membuat pendukung Lille naik pitam. Hingga akhirnya ada lemparan kursi yang mengarah ke kepala dan tak bisa dihindari," lanjut dia.

Saat turun minum, suporter Lille kembali berulah saat berseteru dengan polisi. Mereka berusaha masuk ke tribune yang dekat dengan para pendukung Lens. Beruntung, polisi huru-hara berhasil membuat keadaan kembali aman terkendali saat pertandingan kembali dimulai. 

3. Kerusuhan kedua di Ligue 1 musim ini

Tawuran Suporter di Ligue 1 Sudah Kelewatan, Bikin Malu!Suporter Lens dan Lille rusuh sebelum kick off kedua kesebelasan berlangsung. (telegraaf.nl).

Kerusuhan ini merupakan kejadian memalukan kedua yang berlangsung di Ligue 1. Sebelumnya, kerusuhan suporter terjadi saat Nice bentrok dengan Marseille. Pendukung tuan rumah kala itu melempari pemain Marseille dan membuat konflik keduanya meruncing di lapangan.

Kejadian ini pun membuat federasi sepak bola Prancis geram. Komisi Disiplin Liga Prancis (LFP) bahkan langsung menggelar rapat pada Senin (20/9/2021) untuk membahas masalah ini. Terlebih kejadian itu dua kali terulang di Ligue 1 musim ini.

Baca Juga: Ricuh Nice Vs Marseille, Pemain Dicekik Fans

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya