Comscore Tracker

Terungkap! Ini Alasan Elkan Baggott Pilih Timnas Indonesia

Elkan Baggott bakal tampil di Piala AFF 2020

Jakarta, IDN Times - Pemain Ipswich Town, Elkan Baggott dipastikan bisa membela Timnas Indonesia, karena sudah mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Menariknya, kenapa ia mau menjadi bagian dari skuad Garuda walau punya peluang membela Timnas Thailand hingga Inggris?

Elkan sejatinya lahir di Thailand. Ayahnya merupakan pria asli Inggris, sementara ibunya adalah warga negara Indonesia. Hal itu sebetulnya membuat Elkan bisa dengan leluasa memilih kewargangaraan, termasuk Thailand yang sempat mengklaim sang pemain adalah warga sah mereka, karena lahir di Negeri Gajah Perang.

Inggris dan Indonesia punya hak yang sama atas kewarganegaraan Baggott, tapi sang pemain dengan yakin memilih tanah kelahiran ibunya.

Baca Juga: Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri Bisa Tampil di Piala AFF

1. Ingin membanggakan keluarga

Terungkap! Ini Alasan Elkan Baggott Pilih Timnas Indonesia(Instagram/elkanbaggott

Sebelumnya, Elkan sempat diisukan enggan membela Timnas Indonesia. Hal itu diperkuat dengan pernyataan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu, yang menyebut sang pemain enggan melakukan proses biometrik untuk pembuatan KTP. Namun, sang pemain membantahnya.

Ia menyebut, keluarga, terutama ibunya, jadi alasan utama Elkan memilih berseragam Timnas Indonesia. 

“Saya memutuskan menjadi seorang WNI, alasan utamanya adalah keluarga. Saya sangat bangga bisa mewakili keluarga dan negara (saat membela Timnas Indonesia,” kata Elkan usai menjalani latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Siap Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Segera Urus KTP

2. Dukungan fans membuat Elkan Baggott ingin masuk skuad Garuda

Terungkap! Ini Alasan Elkan Baggott Pilih Timnas IndonesiaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tak hanya itu, alasan lainnya adalah, dukungan yang terus diberikan para penggemar bal-bala tanah air. Ia terkesan dengan para pendukung Indonesia yang begitu antusias menantikannya. Hal itu membuatnya bersemangat untuk bisa segera tampil membela Timnas Indonesia di ajang internasional.

“Alasan berikutnya, ya karena cinta fans yang membuat saya merasa berada di rumah sendiri,” ujar pemain berusia 19 tahun tersebut kepada awak media. 

Ia berjanji akan memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia dalam setiap kesempatan tampil, termasuk di Piala AFF. Tak ingin sekadar bertanding, ia ingin tim bisa meraih kemenangan dan gelar juara di berbagai ajang.

3. Bakal debut melawan Afganistan dan ikut tim di Piala AFF

Terungkap! Ini Alasan Elkan Baggott Pilih Timnas IndonesiaPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Elkan sendiri dipastikan ambil bagian dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia yang digelar di Turki. Ia bahkan disiapkan Shin Tae Yong untuk melakukan debut saat tim beruji coba dengan Afganistan dalam duel bertajuk FIFA match day yang berlangsung pada 16 Oktober 2021.

Persiapan serius memang dilakukan Timnas Indonesia jelang Piala AFF. Maklum, mereka dipastikan tak akan mudah mewujudkan target menjadi kampiun dalam ajang tersebut. Sebab, mereka bakal bersua tim-tim kuat sejak fase penyisihan dimulai.

Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Elkan Baggott dan kawan-kawan tentu harus bisa mengatasi semua lawannya ini di babak penyisihan jika ingin melaju ke fase gugur dan semakin dekat dengan gelar perdana di Piala AFF.

Baca Juga: Ketum PSSI: Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Afganistan dan Myanmar

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya