Comscore Tracker

Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFF

Vietnam dinilai sebagai calon juara Piala AFF 2020

Jakarta, IDN Times - Thailand mengakui Timnas Indonesia bakal jadi lawan berat di Piala AFF 2020. Pernyataan itu terucap langsung dari mulut asisten pelatih Thailand, Jadet Meelarp.

Meski tergabung di Grup A pada babak penyisihan ini, Meelarp merasa Indonesia punya peluang yang besar buat lolos ke semifinal. Jika jumpa di semifinal, Meelarp menilai Indonesia akan merepotkan Tim Gajah Putih.

1. Thailand tak mau meremehkan lawan

Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFFTimnas Thailand di ajang Piala Asia 2019. the-afc.com

Meelarp mengakui, tak ada dalam pikiran para penggawa Thailand untuk meremehkan Indonesia. Apalagi, Indonesia biasanya tampil mengejutkan dengan mengandalkan pemain-pemain baru. 

"Bersama tim lain di Grup B, Indonesia bakal menakutkan, termasuk Malaysia. Kami tak mungkin subjektif dan menganggap lawan mana yang paling ringan," ujar Meelarp dikutip Laodong.

Namun, dia menyebutkan, Vietnam merupakan kandidat kuat yang bakal jadi juara di Piala AFF edisi kali ini. Melihat performa di kualifikasi Piala Dunia, Meelrap menilai jika permainan Vietnam sudah cukup matang dalam ajang nanti.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dilarang Mental Tempe di Piala AFF

2. Yakin Thailand bisa bicara banyak di Piala AFF

Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFFTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Terlepas dari itu, Meelrap tetap yakin Thailand bisa berbicara banyak di ajang ini. Walau merasa kekuatan Vietnam lebih baik dari Thailand, dia menilai situasi di Piala AFF akan berbeda. Bukan tak mungkin Vietnam bisa dikalahkan jika keduanya berduel. 

"Kami sudah menganalisis kekuatan lawan dan mempelajari kelemahan masing-masing tim dalam beberapa pertandingan uji coba. Jika waktu persiapan ini ideal, saya berpikir semuanya bisa berjalan lebih baik untuk kami," ujar Meelrap.

3. Ada peluang Indonesia bertemu Thailand

Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFFTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Thailand sebenarnya merupakan tim unggulan di Piala AFF. Mereka tergabung di Grup A yang diisi Thailand, Myanmar, Singapura, dan Timor Leste yang sudah lolos otomatis ke Piala AFF usai Brunei Darussalam mundur.

Di atas kertas, Thailand bisa lolos ke fase gugur di ajang ini. Hal itu tentu membuat potensi mereka bersua Indonesia bisa terjadi. Dengan catatan, Indonesia juga berhasil melaju ke semifinal.

Peluang bagi Indonesia juga masih sangat terbuka lebar. Walau harus menghadapi tim unggulan, mereka punya sejarah cukup baik, karena sering melaju ke fase gugur bahkan final. Kini, tinggal menunggu pembuktian saja dari Shin Tae Yong apakah bisa mengangkat performa anak asuhnya atau tidak.

Baca Juga: Ronaldo Mau Bela Timnas Indonesia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya