Comscore Tracker

Tiba di Dubai, Shin Tae Yong Ajak Timnas Berlatih di Pantai

Timnas Indonesia masih menjalani latihan ringan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia langsung menggelar latihan usai tiba di Hotel JA Resorts and Hotels Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (17/5/2021) sore waktu setempat. Hal itu dilakukan Shin Tae Yong agar pemainnya bisa mengembalikan kondisi fisiknya sebelum menggelar latihan normal.

Skuat Garuda Muda melakukan latihan senam ringan dan beberapa peregangan agar otot-otot kembali rileks usai menjalani penerbangan panjang selama delapan jam.

“Menu latihan hari ini memang mengenai pemulihan fisik dari para pemain usai beberapa jam berada di pesawat dari malam hingga pagi. Pagi mereka sarapan dan istirahat di Hotel, dan sorenya kami gelar latihan ringan,” kata Shin Tae Yong dilansir laman resmi PSSI.

1. Shin Tae Yong beri waktu pemain aklimatisasi cuaca

Tiba di Dubai, Shin Tae Yong Ajak Timnas Berlatih di PantaiTimnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Dubai, Senin (17/5/2021).

Shin sengaja tak memberikan menu latihan berat kepada Evan Dimas dan kolega. Selain baru datang, menu latihan memang belum langsung ke latihan fisik yang berat. Para pemain masih diberi waktu untuk melakukan aklimatisasi cuaca di Dubai.

“Hari ini hanya sebatas bagaimana para pemain bisa beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan sekitarnya. Dengan berfokus pada pemulihan stamina dari pemain itu sendiri usai perjalanan melelahkan dari Jakarta kesini dan pemain harus lebih rileks saja,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: Hingga Dianggap Psikopat, Eks Timnas U-19 Kena Kasus Pelecehan Seksual

2. Variasi latihan agar pemain Timnas Indonesia bisa manfaatkan situasi

Tiba di Dubai, Shin Tae Yong Ajak Timnas Berlatih di PantaiTimnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Dubai, Senin (17/5/2021).

Pemain menjalani latihan di tepi pantai. Tim pelatih memanfaatkan pasir untuk melakukan beberapa variasi latihan. Shin bahkan menugaskan pemain bertahan, tengah dan depan untuk melakukan sundulan dan tendangan di pantai, termasuk tendangan voli, tendangan salto dan beberapa variasnya, hingga diving header.

“Kemudian mungkin di beberapa pertandingan nanti ada momen-momen di mana harus melakukan tendangan salto atau tendangan dengan menggunakan teknik serta sundulan, itu yang dilakukan pada latihan sore ini,” beber pelatih yang membawa Timnas Korsel meraih kemenangan atas Jerman di Piala Dunia 2018 Rusia.

Shin Tae Yong menutup latihan dengan membiarkan semua pemainnya untuk berenang di tepi pantai.

3. Sisakan tiga laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022

Tiba di Dubai, Shin Tae Yong Ajak Timnas Berlatih di PantaiIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Timnas Indonesia sengaja datang ke UEA lebih cepat. Sebelum mentas di babak kualifikasi, mereka dijadwalkan melakukan pemusatan latihan (TC), selanjutnya mereka bakal uji coba melawan Afghanistan (25 Mei) dan Oman (29 Mei).

Setelah itu, Timnas Indonesia bakal melangsungkan tiga laga sisa di kualifikasi Piala Dunia 2022.  Mentas di Grup G, Skuat Garuda masih menyisakan laga melawan Thailand (3 Juni 2021), Vietnam (7 Juni 2021), dan Uni Emirat Arab (11 Juni 2021). Seluruh laga tersebut bakal dilangsungkan di UEA.

Walau sudah tak menentukan lantaran sudah pasti tersingkir, Timnas Indonesia diminta tampil maksimal dalam tiga laga sisa. Shin Tae Yong bahkan ditargetkan meraih hasil maksimal di tiga laga tersebut demi mengatrol posisi Indonesia di peringkat FIFA.

Baca Juga: Tiba di Dubai, Timnas Indonesia Langsung Digeber

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya