Comscore Tracker

Tiba di Singapura, Timnas Indonesia Langsung Latihan untuk Piala AFF

Elkan Baggott hingga Egy Maulana Vikri masih absen

Jakarta, IDN Times - Gelaran Piala AFF 2020 bakal dimulai dua hari lagi. Timnas Indonesia pun memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mematangkan tim. Walau baru datang dari Turki, tim besutan Shin Tae Yong langsung menggelar latihan perdana di Stadion Bukit Gombak, Singapura (3/13/2021).

Sehari sebelumnya, Timnas Indonesia baru saja tiba di Singapura. Mereka harus menempuh perjalanan panjang 15 jam dari Turki usai menjalani pemusatan latihan (TC), dan menggelar beberapa laga uji coba di sana. 

"Kali ini kami melakukan pemulihan kondisi, karena pemain baru saja menjalani perjalanan jauh dari Turki. Kondisi pemain cukup oke, setelah ini kami akan menjalani latihan seperti biasa untuk meningkatkan kondisi pemain," kata Shin.

Baca Juga: Hitam Putih Perjalanan Timnas Indonesia Selama Piala AFF

1. Beberapa pemain masih belum bisa bergabung ke Singapura

Tiba di Singapura, Timnas Indonesia Langsung Latihan untuk Piala AFFPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Usai menjalani latihan ringan kali ini, Shin memastikan keesokan harinya para pemain langsung melakukan persiapan menuju laga perdana Timnas Indonesia di Grup B. Mereka akan bersua Kamboja dalam duel yang dijadwalkan bakal berlangsung pada 9 Desember 2021.

Namun demikian, pemain Timnas Indonesia yang sudah didaftarkan ke Piala AFF masih belum komplet. Beberapa pemain masih berhalangan hadir, karena masih membela klubnya. Egy Maulana Vikri yang masih disibukkan bersama FK Senica. 

Sedangkan beberapa lagi bakal menyusul sebelum laga perdana digelar. 

"Saat ini kami masih belum lengkap dengan 30 pemain. Elkan Baggott, Egy, Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Ernando Ari, dan Rizky Dwi belum datang. Namun, kami akan mempersiapkan dengan baik, apalagi pemain yang ada saat ini sudah lama bergabung. Kami harus fokus, apalagi di grup ini ada Vietnam dan Malaysia," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ajukan 4 Pemain untuk Naturalisasi

2. Shin tae Yong percaya diri tatap Piala AFF usai Timnas Indonesia TC di Turki

Tiba di Singapura, Timnas Indonesia Langsung Latihan untuk Piala AFFTimnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 2-2 sekalgus meraih poin perdana di kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Shin memang cukup percaya diri Timnas Indonesia bisa berbicara banyak di Piala AFF kali ini. Terlebih,Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan yang sangat serius. Penampilan para pemain pun dinilai terus berkembang usai kalah tipis dari Afganistan (0-1), mereka selanjutnya bisa menang melawan Myanmar (4-1) dan Antalyaspor (4-0). 

Timnas Indonesia harus memulai start dengan bagus dalam dua laga awal, yakni melawan Kamboja dan Laos. Sebab, di atas kertas, kedua tim itu jadi lawan termudah skuad Garuda di Grup B. Selanjutnya, mereka akan bertemu lawan berat seperti Vietnam dan Malaysia.

Untuk mendapatkan tiket ke semifinal, butuh perjuangan keras dari Pasukan Merah Putih. Setidaknya, dua kemenangan di awal bisa membuat beban di pundak para pemain sedikit ringan. Sehingga, pada dua laga terakhir yang menentukan, mereka bisa tampil all out.

3. skuad Garuda belum bisa berbicara banyak di Piala AFF

Tiba di Singapura, Timnas Indonesia Langsung Latihan untuk Piala AFFJadwal Timnas Indonesia di Piala AFF. (IDN Times/Aditya Pratama)

PSSI memang mencanangkan target tinggi untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diminta mempersembahkan trofi juara. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendapatkan gelar trsebut sejak ajang ini dimulai pertama kali pada 1996 (masih bernama Piala Tiger).

Prestasi terbaik Timnas Indonesia di Piala AFF adalah masuk ke final sebanyak lima kali (2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016). Selain itu, sepak bola Indonesia hanya jadi pemanis yang meramaikan ajang dua tahunan tersebut.

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), dan Malaysia (satu gelar), yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga: Daftar Topskor Sepanjang Masa di Piala AFF

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya