Comscore Tracker

Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan Vietnam

Otavio Dutra sempat tersendat proses naturalisasinya

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan bakal mendapatkan kekuatan tambahan saat berhadapan dengan Vietnam dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10). Pemain tersebut adalah Otavio Dutra.

Bahkan, pemain naturalisasi kelahiran Brasil itu dipastikan sudah berangkat ke Pulau Dewata pada Sabtu (12/10). Tak pelak, hal itu memberikan sedikit kekuatan tambahan usai pertahanan Timnas Indonesia cukup keropos dalam tiga laga pertamanya.

1. Lini belakang Timnas Indonesia rapuh?

Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan VietnamIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Bagaimana tidak, dalam tiga laga yang sudah dijalani, Hansamu Yama dan kolega selalu jadi bulan-bulanan lawannya. Pada laga perdana, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia (3-2), lalu tak berselang lama mereka ditaklukkan Thailand (3-0), dan dicukur Uni Emirat Arab (5-0).

Jelas, jumlah kemasukan itu menandakan adanya masalah dengan pertahanan yang digalang anak asuh Simon McMenemy. Kedatangan Dutra akan menambah kekuatan dan pilihan pemain di lini belakang Timnas Indonesia.

Baca Juga: Terancam Tanpa Dutra dan Jalilov, Persebaya Bidik Kemenangan di GBT

2. Dutra bakal berlatih bersama rekannya di Timnas pada hari Minggu

Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan VietnamIDN Times/Dok. Kemenkumham Kanwil Jatim

Pemain Persebaya itu direncanakan langsung mengikuti latihan bersama rekan-rekannya di Bali pada Minggu (13/10) ini. Latihan tersebut bukanlah yang perdana bagi Dutra.

Sebetulnya, Dutra sudah pernah melakoni latihan bersama Timnas Indonesia.

"Saya sangat senang dan enjoy, dan sebelumnya sudah berlatih bersama teman-teman yang sudah banyak saya kenal," ujar Dutra dilansir laman resmi PSSI.

3. Dutra tak sabar untuk tampil perdana bagi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan VietnamInstagram.com/otaviodutra5_indonesia

Hanya saja, ia urung tampil lantaran proses naturalisasinya belum rampung. Tak pelak, dirinya begitu antusias untuk bersiap menghadapi debut perdananya berseragam Merah-Putih.

"Mimpi saya menggunakan jersey dan bermain bersama Timnas Indonesia, negara yang saya cintai. Saya sudah datang ke sini sejak 2010 dan bermimpi bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Sudah hampir 10 tahun saya di sini dan berdoa setiap hari agar saya bisa membantu Timnas Indonesia," kata mantan pemain Bhayangkara FC itu.

4. Dutra ingin bahagiakan orang-orang Indonesia

Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan Vietnamliga-indonesia.co.id

Selain itu, pemain berusia 34 tahun tersebut memiliki ambisi besar untuk membuat masyarakat Indonesia senang. Menurutnya, ia berjanji bakal tampil tenang dan memberikan yang terbaik agar tak mengecewakan para pendukung setia Indonesia.

Otavio Dutra kali pertama tiba di Indonesia pada 2010, bergabung bersama Persebaya Surabaya selama dua tahun sebelum kemudian bergabung bersama Persipura Jayapura. Lalu hijrah ke Persegres Gresik United, terus ke Bhayangkara FC dan menjadi juara Liga 1 2017. Dan musim 2018, Dutra kembali berseragam Persebaya.

Laga melawan Vietnam, bagi Indonesia harus wajib menang. Hal ini karena di tiga laga sebelumnya mengalami kekalahan dari Malaysia (2-3), Thailand (2-3), dan UEA (0-5). Momentum bermain di kandang tentu akan dimanfaatkan secara maksimal olek skuat Garuda.

Baca Juga: Dibantai Uni Emirat Arab, Ini 3 Catatan Buruk Timnas Indonesia

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You