Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF, Shin Tae Yong: Sangat Menarik

Timnas Indonesia tak pernah juara di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, antusias melihat hasil drawing Piala AFF 2020. Ia tetap optimistis skuad Garuda bisa berbicara banyak walau tergabung di Grup B bersama lawan-lawan tangguh.

Pengundian fase grup Piala AFF kali ini dihelat di markas AFF, Kuala Lumpur, Malaysia (21/9/2021). Timnas Indonesia bakal bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja di babak penyisihan. 

“Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik,” kata Shin dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jumpa 2 Musuh Bebuyutan di Piala AFF

1. Yunus Nusi sebut persaingan Grup B bakal berjalan ketat

Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF, Shin Tae Yong: Sangat MenarikPlt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Setali tiga uang, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, jika persaingan Grup B akan berjalan ketat. Menurut dia, selain kekuatan Vietnam dan Malaysia yang diprediksi menyulitkan, Kamboja dan Laos pun berpotensi membuat kejutan.

“Kami yakin Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B ini. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari pelatih Shin Tae Yong demi meraih prestasi di ajang tersebut,” ujar Yunus Nusi.

Sementara, satu grup lainnya dinilai masih kalah panas dibandingkan Grup B. Sebab, Grup A diisi Thailand, Myanmar, Singapura, dan pemenang fase playoff antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Baca Juga: Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

2. Piala AFF 2020 digelar pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022

Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF, Shin Tae Yong: Sangat MenarikANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sejatinya, ajang ini digelar pada 23 November hingga 31 Desember 2020. Hanya saja, rencana tersebut batal, karena pandemik COVID-19 pada saat itu berada dalam gragfik yang tinggi. Selain itu, belum banyaknya orang-orang yang menerima vaksin juga masuk pertimbangan dalam penundaan Piala AFF 2020.

Kini, AFF sudah menentukan jadwal penggantinya. Mereka bakal menghelat turnamen bergengsi di Asia Tenggara ini pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. 

Namun demikian, sampai saat ini belum diumumkan di mana tempat digelarnya Piala AFF 2020. 

3. Timnas Indonesia belum pernah meraih trofi Piala AFF

Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF, Shin Tae Yong: Sangat MenarikTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas Indonesia mengusung target tinggi di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diberi tugas berat untuk mempersembahkan gelar perdana untuk Merah Putih. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendapatkan trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

Sebetulnya, Timnas Indonesia sudah sering tampil dalam laga puncak sepanjang sejarah ajang ini. Tercatat, lima kali Indonesia tampil di pertandingan final Piala AFF. Namun, semua kesempatan yang didapat tak pernah menghasilkan satu trofi pun.

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), Malaysia (satu gelar) yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga: Shin Tae Yong Dapat 3 Asisten Baru di Timnas Indonesia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya