Timnas Indonesia Hadapi Afganistan dan Myanmar di Turki

Timnas Indonesia belum pernah meraih trofi Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia menggelar persiapan serius untuk menghadapi Piala AFF 2021. Mereka pun bakal menjalankan program pematangan tim dengan melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki pada 18 November-3 Desember 2021.

Mereka juga memastikan akan menggelar beberapa rangkaian uji coba selama berada di sana. Mereka antara lain akan menghadapi Afganistan dan Myanmar. Jadwal Timnas Indonesia melawan klub asal Timur Tengah itu bahkan sudah dirilis oleh federasi sepak bola Afganistan.

Keduanya direncanakan bakal bentrok di Antalya, Turki pada 16 November 2021 atau dua hari sebelum TC resmi digelar.

1. Skuad Garuda akan hadapi Timnas Afganistan lebih dulu

Melalui akun Instagram resminya, AFF memastikan jika kedua negara bakal bentrok di Turki. Hal itu dilakukan, karena Afganistan juga tengah melakukan TC di sana. Sehingga, mereka bakal memanfaatkan waktu di sana untuk menghadapi Timnas Indonesia saat jeda internasional. 

“Timnas Afganistan akan bertanding melawan Indonesia pada 16 November 2021 dalam pertandingan uji coba. Pertandingan tersebut akan digelar pada hari resmi FIFA di Antalya, Turki,” bunyi pernyataan AFF.

Sementara itu, Timnas Afghanistan akan memulai kamp pelatihan di Antalya pada 8 November 2021. Hal itu dilakukan untuk menyiapkan tim menuju babak kualifikasi Piala Asia. 

Baca Juga: Shin Tae Yong Soroti 2 Kekurangan Timnas U-23 Indonesia

2. Pealtih Myanmar sebut timnya bakal bentrok dengan Timnas Indonesia di Turki

Usai menghadapi Afganistan, tim besutan Shin Tae Yong ini baru akan bersua dengan Timnas Myanmar dalam sebuah laga uji coba. Pelatih Myanmar, Antoine Hey memastikan, kedua tim asal Asia Tenggara ini dijadwalkan bakal bentrok di Turki pada 25 November 2021.

“Kami akan memainkan pertandingan latihan melawan Manavgat Spor dari Turki pada 9 November 2021. Selanjutnya, kami memainkan laga persahabatan kontra Burundi pada 13 November di Antalya. Lalu, kami bermain melawan Indonesia pada 25 November. Lebih banyak pertandingan uji coba akan segera menyusul,” tulis pelatih asal Jerman itu.

Sama seperti Timnas Indonesia, Myanmar sendiri memang tengah berada di Turki untuk melakukan TC. Mereka juga tengah menyiapkan tim untuk mentas di Piala AFF 2021 yang bakal digelar di Singapura.

3. Timnas Indonesia belum pernah meraih trofi Piala AFF

Timnas Indonesia Hadapi Afganistan dan Myanmar di TurkiTimnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 2-2 sekalgus meraih poin perdana di kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Timnas Indonesia mengusung target tinggi di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diberi tugas berat untuk mempersembahkan gelar perdana untuk Merah Putih. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendapatkan trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

Sebetulnya, Timnas Indonesia sudah sering tampil dalam laga puncak sepanjang sejarah ajang ini. Tercatat, lima kali Indonesia tampil di pertandingan final Piala AFF. Namun, semua kesempatan yang didapat tak pernah menghasilkan satu trofi pun.

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), Malaysia (satu gelar) yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga: Timnas Indonesia Terancam Gabung Grup Neraka di Piala AFF

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya