Comscore Tracker

Timnas Indonesia Ingin Bantai Myanmar Sebagai Modal ke Piala AFF

Timnas Indonesia tampil perdana di Piala AFF pada 9 Desember

Jakarta, IDN Times - Pemain Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto, ingin punya modal bagus untuk mentas di Piala AFF. Ia pun ingin skuad Garuda mampu meraih kemenangan dalam uji coba terakhir melawan Myanmar di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021). 

Pemain Madura United itu menilai, Timnas Indonesia sudah melakukan perbaikan dari laga uji coba sebelumnya melawan Afganistan. Sehingga, ia yakin dalam laga nanti bisa meraih hasil maksimal. 

“Yang pasti menang ya, karena (akan jadi) modal kita ke AFF, untuk kepercayaan diri kita dan mungkin ini juga nilai untuk FIFA Match ya,” kata Fachrudin.

1. Sudah perbaiki passing dan komunikasi di lapangan

Timnas Indonesia Ingin Bantai Myanmar Sebagai Modal ke Piala AFFEzra Walian sedang diapit dua pemain Afganistan saat Timnas Indonesia kalah dalam laga uji coba FIFA Match Day pada 16 November 2021. (pssi.org).

Saat dikalahkan Afganistan, Timnas Indonesia mendapatkan sorotan dari pelatihnya Shin Tae Yong soal passing dan komunikasi di lapangan. Menurut Fachrudin, semua hal itu sudah dievaluasi dalam latihan. Selain mendapat menu latihan khusus, para pemain diingatkan untuk bisa meningkatkan kualitasnya.

Mereka terus diasah agar bisa melepaskan passing yang benar. Ia berharap kesalahan yang dilakukan di laga sebelumnya tidak terulang lagi pada pertandingan selanjutnya.

“Pelatih sudah mempersiapkan kemarin, banyak kami latihan passing maupun apa yang ditekankan oleh coach Shin. Selalu passing sama komunikasi. Mudah-mudahan pertandingan lawan Myanmar sudah berkurang banyak permasalahannya,” ujar pemain berusia 32 tahun tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hadapi Afganistan dan Myanmar di Turki

2. Sudah adaptasi dengan cuaca di Turki dan kualitas fisik lebih baik

Timnas Indonesia Ingin Bantai Myanmar Sebagai Modal ke Piala AFFinstagram.com/maduraunited.fc

Ia juga berharap, persiapan yang sudah dilakukan bisa menambah daya gedor Timnas Indonesia melawan Myanmar. Terlebih, para pemain sudah beradaptasi dengan cuaca dan meningkat fisiknya. Hal itu setidaknya jadi modal bagus agar tim bisa tampil baik di lapangan selama 90 menit. 

“Bagus ya, kemarin kami setelah lawan Afghanistan, kami sudah adaptasi cuaca di sini dan latihan bagus juga. Terus kami ada kondisi fisik kemarin, ada peningkatan fisik, mudah-mudahan itu (peningkatan fisik pemain) bisa keluar di pertandingan besok lawan Myanmar,” kata Fachrudin.

Fachrudin menambahkan, persiapan taktik juga sudah dilakukan secara serius. Kini, semua tergantung kepada para pemain, apakah dapat bermain baik sesuai arahan dan harapan coach Shin pada laga nanti.

3. Timnas Indonesia mengawali kiprah di Piala AFF 2020 pada 9 Desember 2021

Timnas Indonesia Ingin Bantai Myanmar Sebagai Modal ke Piala AFFShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Usai menjalani laga uji coba terakhir, Timnas Indonesia tinggal melakukan persiapan terakhir menuju Piala AFF di Turki. Mereka akan berangkat ke Singapura jelang pertandingan pertama babak penyisihan ajang dua tahunan ini digelar.

Timnas Indonesia sendiri berada di grup maut di ajang Piala AFF 2020. Elkan Baggott dan kolega tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Tentu, melihat lawan-lawan yang dihadapi, kans Timnas Indonesia untuk lolos cukup berat. 

Skuad Garuda bakal mengawali kiprahnya di ajang tersebut melawan Kamboja pada 9 Desember 2021. Tiga hari berselang, mereka ditunggu Laos dalam laga kedua fase awal kompetisi plaing elite di Asia Tenggara ini.

Usai berhadapan dengan kedua tim itu, Timnas Indonesia bakal bersua klub unggulan secara beruntun, yakni Vietnam (15 Desember) dan terakhir Malaysia (19 Desember). Tentu itu jadi tantangan berat yang harus dihadapi Ekan Baggott dan kolega jika ingin melaju ke fase gugur.

Baca Juga: Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar di Piala AFF 2020

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya