Timnas Indonesia Terancam Tak Lakukan Uji Coba saat FIFA Match Day

Banyak pemain Bangladesh belum melakukan vaksinasi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan alasan kenapa Bangladesh membatalkan laga uji coba melawan Timnas Indonesia. Menurut dia, mayoritas pemain dari negara tersebut belum divaksinasi COVID-19.

Sejatinya, Timnas Indonesia dijadwalkan bakal bersua Bangladesh dalam laga uji coba bertajuk FIFA Match Day pada 24 dan 27 Januari 2022. Mereka bahkan sudah siap menjalani laga di Stadion I Wayan Dipta, Bali. Namun, hari ini tim lawan akhirnya mengumumkan untuk mundur.

“Kami masih diskusi, tapi untuk tanggal 24 dan 27 Januari itu dipastikan gagal, karena mohon maaf mereka di sana baru vaksin sekali, karena mungkin ketentuan di negaranya lain. Kami tak ikut turut campur soal itu, tapi negara kita mengharuskan regulasi vaksin dua kali,” ujar Iriawan kepada awak media, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: AS Roma Buka-bukaan Alasan Rekrut Pemain Timnas Putri Indonesia

1. Iwan Bule sebut Brunei Darussalam masuk opsi

Timnas Indonesia Terancam Tak Lakukan Uji Coba saat FIFA Match DayKetum PSSI Mochamad Iriawan ungkap alasan Bangladesh gagal jadi lawan Timnas Indonesia. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Iriawan mengungkapkan, nanti, pihaknya juga bakal berusaha mencari negara lain untuk alternatif uji coba, dengan catatan tetap mengikuti ketentuan di Indonesia soal vaksin. Namun, sampai saat ini PSSI belum bisa memastikan karena ada kasus Omicron yang terus meningkat.

“Tapi, jika ke depan berubah menjadi lebih baik, ya kami akan komunikasikan kembali. Jika list sendiri itu sudah ada. Namun, belum bisa kami sampaikan. Ya, salah satunya adalah Brunei Darussalam, tapi kita kembali lagi ke regulasi, karena di negaranya juga mereka memikirkan bagaimana berangkat. Sementara, di Bali juga kan penerbangan internasional sedang ditutup,” ujar pria yang disapa Iwan Bule itu.

2. Pemain Bangladesh belum vaksin

Timnas Indonesia Terancam Tak Lakukan Uji Coba saat FIFA Match DayPlt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, Sekretaris Jendral PSSI, Yunus Nusi, mengumumkan bahwa Bagladesh tak jadi melakukan uji coba dengan Timnas Indonesia. Menurut dia, sebanyak 10 pemain Bangladesh ternyata belum mendapat vaksin kedua COVID-19. Sementara, aturan masuk kawasan Indonesia terbilang ketat.

Federasi Sepak bola Bangladesh sebenarnya sudah berusaha agar pemain tim nasional menjadi prioritas pemberian vaksin. Sayangnya, pemerintah tak mampu mewujudkan permintaan itu.

"Makanya laga melawan Bangladesh batal. Ada beberapa pemain mereka yang belum vaksin, makanya ini sulit direalisasikan," ujar Yunus, Kamis (13/1/2022).

3. Timnas Indonesia masih menunggu kepastian

Timnas Indonesia Terancam Tak Lakukan Uji Coba saat FIFA Match DayBek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dalam duel kontra Vietnam di penyisihan Grup B Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

PSSI tengah berpikir keras untuk mendapat lawan pengganti dalam laga uji coba buat Skuad Garuda. Tak ada waktu lagi, sebab PSSI paling lambat harus menemukan lawan sparing pekan ini. 

Dengan begitu, lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia nantinya bisa menjalani prosedur karantina sesuai jadwal yang ditetapkan.

Namun, bisa saja pada akhirnya Timnas Indonesia batal melakukan uji coba di FIFA Match Day. Apalagi, regulasi ketat setiap negara saat varian Omicron meningkat akan menyulitkan orang dari luar negeri datang.

Baca Juga: Ingin Buat Keajaiban, Timnas Putri Kejar Tiket Piala Dunia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya