Timnas Indonesia vs Malaysia, Simon McMenemy Singgung Nasionalisme

Timnas Indonesia bakal didukung puluhan ribu pendukungnya

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengingatkan pentingnya laga melawan Malaysia dalam laga perdana babak kualifikasi Piala Dunia 2019 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Kamis (5/9).

"Kami berharap banyak, besok bakal menjadi duel besar. Ada banyak respect di antara dua tim ini. Laga ini memiliki banyak sejarah dan laga ini bukan hanya persoalan poin, tetapi lebih dari itu ini juga untuk nasionalisme," kata Simon dalam sesi konferensi pers di SUGBK, Rabu (4/9).

1. Simon harapkan dukungan suporter Indonesia

Timnas Indonesia vs Malaysia, Simon McMenemy Singgung NasionalismeANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Eks pelatih Bhayangkara FC tersebut juga mengaku sudah tak sabar dan sangat bersemangat menghadapi laga besok. Ia juga merasa hal yang sama dirasakan oleh para pendukung Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, ia mengharapkan dukungan penuh dari suporter.

Disinggung mengani ambisinya dalam laga tersebut, Simon pun sepakat Timnas Indonesia harus bisa meraih kemenangan. Hanya, ia tak bisa mengumbar janji bakal dengan mudah mendapatkan kemenangan dari pasukan Harimau Malaya.

Pelatih berusia 41 tahun tersebut menggaransi 25 pemainnya siap menghadapi pertandingan besok dengan motivasi tinggi. Menurutnya, tujuan ia jadi pelatih timnas adalah menaikkan lagi kecintaan masyarakat terhadap sepakbola Indonesia dan meningkatkan ranking Indonesia di peringkat FIFA .

Baca Juga: Polemik Cedera Greg Nwokolo, Ini Penjelasan dari Simon McMenemy

2. Simon sebetulnya lebih memilih lawan Asia yang lebih kuat

Timnas Indonesia vs Malaysia, Simon McMenemy Singgung NasionalismeDok. PSSI/Herka Yanis P

Sebetulnya, pelatih asal Skotlandia itu juga tak terlalu berharap bertemu Malaysia. Ia lebih menginginkan lawan yang berada di level Asia. Sebab, lanjut dia, Grup G ini ibarat miniatur AFF Suzuki Cup 2020.

"Awalnya berharap mendapat lawan level Asia, supaya pemain-pemain kita mendapat pengalaman baru. karena ketika mendapat lawan Asia kita mendapat pengalaman tinggi, saat Malaysia memang pengalamannya tidak bertambah banyak, tapi ini berkenaan dengan gengsi, mental, dan motivasinya menjadi sangat tinggi," ujarnya.

3. Simon bakal merasakan pengalaman pertama menghadapi Malaysia

Timnas Indonesia vs Malaysia, Simon McMenemy Singgung NasionalismeIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun demikian, ia menganggap Malaysia tak mudah dikalahkan. Pasukan dari Negeri Jiran memiliki permainan yang bagus. Hal itu dapat dilihat dari apa yang ditampilkan saat Malaysia kalah 0-1 saat beruji coba dengan Yordania beberapa waktu lalu.

Simon sendiri bakal merasakan pengalaman pertamanya menghadapi Malaysia saat melatih negara. Sebelumnya, kala ia masih menangani Filipina, Simon tak pernah sekali pun berhadapan dengan Malaysia.

Baca Juga: Sudah Saatnya Stadion Manahan dan Mandala Krida Jadi Kandang Timnas!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya