Comscore Tracker

Timnas U-16 Selesaikan Uji Coba Kedua, Bima Sakti Puas

Timnas U-16 merampungkan TC di Bekasi

Jakarta, IDN Times - Pemusatan latihan (TC) Timnas U-16 yang digelar di Bekasi akhirnya paripurna. TC tersebut ditutup dengan pertandingan uji coba antara skuat Garuda Muda melawan Bina Taruna U-18 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (28/7/2020).

Meski pun pada pertandingan terakhir itu Timnas U-16 gagal meraih kemenangan, pelatih kepala Bima Sakti tetap puas. Menurut dia, lawan berhasil memberikan pelajaran berharga dalam laga uji coba di TC terakhir tersebut.

"Hasil ini bagus untuk pemain mereka dapat pelajaran juga di laga ini. Memang sebelumnya kami sudah menyampaikan le lawan, supaya bisa menyiapkan timnya dengan baik, bawakan pemain yang usianya di atas pemain kami. Terbukti, lawan bisa memberikan banyak tekanan kepada kami," kata Bima Sakti.

"Yang pasti kualitas mereka lebih bagus dibandingkan lawan kami sebelumnya," lanjut dia.

1. Bima Sakti mencoba beberapa pemain baru

Timnas U-16 Selesaikan Uji Coba Kedua, Bima Sakti PuasTimnas U-16. (Dok. PSSI).

Namun, Bima Sakti mengakui jika anak asuhnya mengalami penurunan performa pada pertandingan uji coba kedua itu. Maklum, dia menurunkan beberapa pemain berbeda, karena ingin mencoba kemampuan penggawa lainnya yang belum sempat dimainkan pada laga pertama.

"Tujuannya agar semua pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan. Saya rasa, mereka semua mengalami perkembangan yang cukup baik sejauh ini," ujar mantan pemain Persiba Balikpapan tersebut.

Baca Juga: Bima Sakti Panggil 25 Pemain untuk TC Timnas U-16, Anak Sumut Masuk

2. Bima Sakti ingin TC Tinas U-16 selanjutnya berjalan lancar

Timnas U-16 Selesaikan Uji Coba Kedua, Bima Sakti PuasLatihan Tim Nasional U-16 di Stadion Patriot Bekasi (IDN Times/Herka Yanis)

Pelatih berusia 44 tahun itu pun secara garis besar cukup senang bisa merampungkan TC kali ini. Bima Sakti lebih leluasa bisa memberikan instruksi secara langsung, plus melihat perkembangan pemain dari hari ke hari.

Maklum, ini merupakan latihan tatap muka pertama mereka usai vakum selama hampir empat bulan akibat pandemik COVID-19. Sehingga, persiapan Timnas U-16 menghadapi beberapa kompetisi ke depan agak sedikit terganggu.

Dia pun ingin persiapan selanjutnya tak mengalami gangguan berarti sehingga bisa fokus mematangkan skuatnya.

"Semoga di pemusatan latihan selanjutnya kami bisa lebih optimal dan bisa melakukan intensitas latihan yang lebih tinggi lagi," bebernya.

3. Timnas U-16 sedang melakukan persiapan menuju Piala Asia U-16 2020

Timnas U-16 Selesaikan Uji Coba Kedua, Bima Sakti PuasLatihan Tim Nasional U-16 di Stadion Patriot Bekasi (IDN Times/Herka Yanis)

Pemusatan latihan Timnas U-16 merupakan persiapan untuk menyambut pagelaran Piala AFC U-16 2020 yang akan digelar mulai 25 November-12 Desember mendatang. Mereka harus bersaing dengan lawan kuat macam Jepang, Arab Saudi, sampai Tiongkok yang bersaing di Grup D.

Empat negara yang nantinya lolos ke babak semifinal Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

Baca Juga: Timnas U-16 Gelar TC di Bekasi, Bima Sakti Langsung Agendakan Uji Coba

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya