Timnas U-18 Tunjukkan Perkembangan dalam Laga Uji Coba Kedua di Turki

Timnas U-18 bantai Alanyaspor U-18 4-0

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-18, Shin Tae Yong semringah anak asuhnya tampil baik dalam laga uji coba kedua di Turki. Selain menang telak, anak asuhnya mampu menjalankan tugasnya bermain dengan skema yang diterapkan sepanjang pertandingan. 

Kali ini, Garuda Muda mampu menumbangkan Alanyaspor U-18 dengan skor 4-0 dalam laga uji coba  di Limak Football Complex, Antalya, Turki, Rabu (24/11/2021) malam. Gol kemenangan Timnas U-18 dicetak, Ronaldo Kwateh menit pertama dan 18, Ricky Pratama menit lima, dan bunuh diri pemain lawan menit 11.

“Hasil ini terjadi karena para pemain sangat bekerja keras dari sisi performa dan finishing juga sangat baik,” kata Shin dalam rilis PSSI.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ingin Bantai Myanmar Sebagai Modal ke Piala AFF

1. Timnas U-18 tak bermain 90 menit

Timnas U-18 Tunjukkan Perkembangan dalam Laga Uji Coba Kedua di TurkiTimnas Indonesia meraih kemenangan telak 4-0 atas Alanyaspor U-18 dalam laga uji coba kedua mereka pada rangkaian pemusatan latihan (TC) di Turki, Rabu (24/11/2021). (pssi.org).

Hanya saja, Shin tak bisa melihat Timnas U-18 tampil penuh dalam laga uji coba tersebut. Hujan lebat terpaksa menghentikan pertandingan saat baru memasuki menit 48. Akibat kondisi tersebut, pertandingan uji coba itu pun diputuskan untuk tak dilanjutkan. 

Hal itu tak lepas dari permintaan lawan mereka Alanyaspor U-18 yang ingin duel selesai. Selain karena kondisi cuaca yang tidak mendukung, para pemain Alanyaspor masih punya pertandingan sangat penting dua hari berselang  dalam kompetisi yang sedang mereka ikuti. Sehingga laga ini diakhiri dengan kemenangan Timnas U-18.

 “Sebenarnya lebih baik sampai akhir babak kedua selesai tetapi karena hujan lebat, jadi mau tidak mau kita harus berhenti. Jadi sangat disayangkan, tetapi memang dari pihak tim Alanyaspor meminta tolong kepada saya untuk memberhentikan pertandingan ini,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

2. Shin Tae Yong puji skuad Garuda Muda dalam laga uji coba kedua

Timnas U-18 Tunjukkan Perkembangan dalam Laga Uji Coba Kedua di TurkiTimnas U-18. (pssi.com).

Walau Timnas U-18 baru menjalani pemusatan latihan selama sepekan di Turki, para pemain sudah mulai menunjukkan perkembangan. Hal itu terlihat dalam laga uji coba melawan Alanyaspor U-18, di mana para pemain tampil tenang dengan penguasaan bola dan menekan lawan.

“Memang baru beberapa hari menjalani TC di Turki dan hal-hal yang saya sangat penting yaitu komunikasi, passing bergerak, dan body shape. Semuanya baik, jadi mesti memuji pemain-pemain U-18,” bebernya.

Namun demikian, pemain Timnas U-18, Ricky Pratama, enggan besar kepala usai mendapatkan pujian dari Coach Shin. Ia merasa timnya masih harus berlajar dan memanfaatkan waktu TC di Turki untuk terus berkembang.

3. Timnas U-18 masih punya kekurangan

Timnas U-18 Tunjukkan Perkembangan dalam Laga Uji Coba Kedua di TurkiTimnas Indonesia meraih kemenangan telak 4-0 atas Alanyaspor U-18 dalam laga uji coba kedua mereka pada rangkaian pemusatan latihan (TC) di Turki, Rabu (24/11/2021). (pssi.org).

Tak bisa dipungkiri, Ricky merasa Timnas U-18 masih banyak melakukan kesalahan dalam pertandingan uji coba tersebut. Walau sudah tampil sesuai keinginan pelatih, komunikasi dan passing para pemain mesti harus meningkat. Sehingga, para pemain bisa memegang bola lebih lama dan tak buru-buru.

“Kekurangan tadi, kayaknya kurang percaya diri aja, sama kurang berani pegang bola lama. Kalau permainan tadi sudah sesuai, tinggal komunikasi sama passingnya aja. Katanya juga coach sudah ada perkembangan, lebih baik dari laga kemarin.” tukas pemain PSM Makassar itu.

Baca Juga: Thailand Takut dengan Timnas Indonesia di Piala AFF

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya