Comscore Tracker

Batal Lawan Bosnia-Herzegovina, Timnas U-19  Ajak Hajduk Split Tanding

Timnas U-19 menjalani TC di Kroasia

Jakarta, IDN Times - Rencana Timnas U-19 kembali menggelar uji coba dengan Bosnia-Herzegovina dipastikan batal. Pertandingan yang sejatinya dilangsungkan pada 20 dan 23 Oktober 2020 ini urung digelar lantaran sejumlah pemainnya dinyatakan positif COVID-19.

Kepastian batalnya uji coba tersebut diungkapkan Plt Sekjen Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Yunus Nusi. Menurut dia, Federasi Sepak bola Bosnia Herzegovina langsung mengontak PSSI untuk mengabarkan perihal pembatalan uji coba melawan tim besutan Shin Tae-yong itu.

"Kami pahami pembatalan ini dan mengapresiasi FA Bosnia Herzegovina yang telah memberitahu hal ini dan sudah berupaya ingin melakukan uji coba dengan timnas U-19," kata Yunus Nusi dalam rilis PSSI, Senin (19/10/2020).

1. Timnas U-19 sempat dikalahkan Bosnia

Batal Lawan Bosnia-Herzegovina, Timnas U-19  Ajak Hajduk Split TandingTimnas U-19 saat berhadapan dalam laga uji coba melawan klub kasta kedua Kroasia, NK Dugopoljie, Kamis (8/10/2020). (Dok. PSSI)

Sebetulnya, laga melawan Bosnia-Herzegovina bukanlah yang pertama bagi skuat Garuda Muda. Sebelumnya, Timnas U-19 sempat merasakan keperkasaan mereka, karena ditaklukkan 0-1 dalam laga yang di Sveti Martin na Muri pada 25 September 2020.

Kala itu Witan Sulaiman dan kolega berhasil memberikan perlawanan sengit kepada Bosnia-Herzegovina. Sayang, usaha mereka akhirnya tak bisa berakhir manis.

Baca Juga: 22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEA

2. Skuat Garuda Muda ajak bertanding Hajduk Split sebagai pengganti Bosnia

Batal Lawan Bosnia-Herzegovina, Timnas U-19  Ajak Hajduk Split TandingTimnas U-19 saat melakukan uji coba. (pssi.org).

Namun demikian, gagalnya Timnas U-19 melakukan revans atas Bosnia-Herzegovina tak mengubah jadwal uji coba yang sudah direncanakan. Sebab, PSSI langsung bergerak cepat dengan mencari lawan pengganti untuk bisa dihadapi oleh tim besutan Shin Tae-yong tersebut.

"Setelah mendapat info pembatalan tersebut, kami bergerak cepat mencari lawan pengganti uji coba untuk Timnas U-19. Dan setelah berkomunikasi dengan federasi sepak bola Kroasia, kami besok Selasa (20/10/2020) mendapat lawan Hajduk Split yang notabene tim papan atas Liga Kroasia," tambah Yunus Nusi.

Sementara, dua laga uji coba Timnas U-19 yang sudah dijadwalkan bakal berlangsung pada 23 dan 26 Oktober 2020 belum ada kejelasan terkait lawan yang akan dihadapi. Sejauh ini, PSSI masih menunggu konfirmasi dari FA Kroasia dan tim lawan.

3. Tim besutan Shin Tae-yong sudah selesaikan 10 laga uji coba

Batal Lawan Bosnia-Herzegovina, Timnas U-19  Ajak Hajduk Split TandingTimnas U-19 saaat melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Kota Split, Kroasia. (Dok. PSSI)

Sejauh ini, Timnas U-19 sendiri telah menyelesaikan 10 laga uji coba selama melakukan pemusatan latihan di Kroasia.

Total mereka berhasil meraih empat kemenangan, melawan Qatar (2-1), Dinamo Zagreb (1-0) dan NK Dugopoljie (3-0) dan Makedonia Utara (4-1). Lalu, kalah tiga kali, yakni oleh Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Bosnia Herzegovina (0-1),

Sisanya, Timnas U-19 meraih tiga kali imbang, masing-masing kontra Arab Saudi (3-3), Qatar (1-1), serta Makedonia Utara (0-0).

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Timnas U-19 akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Puji-pujian Shin Tae-yong Atas Kemenangan Besar Timnas U-19

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya