Timnas U-19 Buka Kans Lolos ke Fase Gugur Toulon Cup 2022

Timnas U-19 mampu kalahkan Ghana 1-0

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 membuka peluang lolos ke babak gugur turnamen Toulon Cup 2022. Hal itu tak lepas dari keberhasilan skuad Garuda Muda meraih kemenangan atas Ghana 1-0 dalam laga keduanya di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Kamis (2/6/2022).

Walau tampil terbuka, Timnas U-19 sempat dibuat kesulitan oleh kesebelasan asal Benua Afrika itu. Terbukti tim besutan Bima Sakti berhasil ditahan imbang lawannya itu hingga turun minum.

Beruntung, Timnas U-19 mampu unggul lebih dulu pada awal babak kedua. Gol semata wayang yang diciptakan Raka Cahyana menit 58 itu pun membuat mereka menang dalam laga ini.

2. Apresiasi Ketum PSSI atas kemenangan Timnas U-19

Timnas U-19 Buka Kans Lolos ke Fase Gugur Toulon Cup 2022Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Kemenpora, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/(Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan apresiasi atas keberhasilan Timnas U-19 menang. Menurut dia, kemenangan itu sangat berharga untuk menambah kepercayaan diri pemain di laga selanjutnya.

"Alhamdulillah hari ini anak-anak U-19 Indonesia mampu meraih kemenangan melawan Ghana. Tim lawan bukan tim yang sembarangan dan ini menjadi modal yang bagus untuk kami menghadapi laga selanjutnya melawan Meksiko," kata Iriawan.

Baca Juga: Klasemen Grup B Toulon Cup 2022: Timnas U-19 Masih Nirpoin

2. Iriawan minta pemain Timnas U-19 tetap kerja keras

Timnas U-19 Buka Kans Lolos ke Fase Gugur Toulon Cup 2022Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan (pssi.org)

Namun demikian, Iriawan menyiratkan jika pemain tak boleh puas dengan hasil ini. Terlebih, ajang ini merupakan bagian dari persiapan tim untuk bisa tampil baik di Piala Dunia U-20 nanti.

"Kami berharap pemain terus bekerja keras dan meningkatkan kemampuan selama di Prancis. Apalagi tim ini dipersiapan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

3. Timnas U-19 masih berada di peringkat tiga klasemen sementara Grup B Toulon 2022

Timnas U-19 Buka Kans Lolos ke Fase Gugur Toulon Cup 2022Timnas U-19 saat bermain di Toulon Cup 2022. (Dok PSSI)

Hasil ini membuat Timnas U-19 berada di peringkat tiga klasemen Grup B dengan mengoleksi tiga poin. Mereka kini menyamai perolehan poin Meksiko yang memiliki nilai serupa, tapi unggul selisih gol.

Meksiko sendiri gagal mengatrol posisinya naik ke peringkat pertama. Hal itu terjadi lantaran mereka mampu dikalahkan Venezuela dalam laga kedua mereka.

Timnas U-19 pun membuka kans lolos ke fase gugur Toulon Cup 2022. Dengan catatan, mereka bisa menang dalam laga penentuan melawan Meksiko di tempat yang sama pada Minggu (5/6/2022). 

Baca Juga: Jadwal Lengkap Timnas U-19 di Ajang Toulon Cup 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya