Timnas U-19 Gelar Latihan Perdana di Jakarta, Ini Keinginan Pelatih

Shin Tae-yong pantau Timnas U-19 secara virtual

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 kembali memulai latihan perdana di Stadion Madya, Jakarta, Senin (17/11/2020) pagi WIB. Pemusatan latihan (TC) kali ini merupakan program lanjutan yang bakal digelar mulai 17-23 November 2020.

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong memantau anak asuhnya secara virtual. Sementara, asisten pelatihnya, Nova Arianto memimpin skuat Garuda Muda melahap menu latihan yang sudah disiapkan.

Timnas Indonesia menjalani latihan dengan intensitas sedang dalam latihan perdana ini. Hal itu dilakukan demi menjaga kondisi fisik Beckham Putra Nugraha dan kolega setelah menjalani latihan virtual beberapa pekan sebelumnya.

1. Nova ingin jaga endurance penggawa skuat Garuda Muda

Timnas U-19 Gelar Latihan Perdana di Jakarta, Ini Keinginan PelatihJack Brown melakukan selebrasi usai berhasil mencetak gol untuk Timnas U-19. (pssi.org).

Nova Arianto mengatakan, anak asuhnya baru latihan naik-turun tangga dan sebagian melakukan skipping. Dia ingin para pemain Timnas U-19 bisa menjaga endurance, dengan latihan naik-turun anak tangga sekitar 20 menit dan kita membaginya ke dalam dua kelompok.

"Kondisi pemain dalam kondisi baik, tetapi pemain baru harus beradaptasi dengan situasi latihan ini. Secara fisik memang belum menyamai fisik pemain yang sudah TC di Kroasia kemarin. Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim," kata Nova usai latihan.

2. Timnas U-19 diminta terus benahi mental dalam latihan

Timnas U-19 Gelar Latihan Perdana di Jakarta, Ini Keinginan PelatihPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Nova pun membeberkan fokus Timnas U-19 dalam TC kali ini. Dia ingin anak asuhnya memiliki mental bagus. Dia ingin hal itu terus ditunjukkan di setiap latihan.

“Pada TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Karena semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik,” beber mantan pemain Persib itu.

3. Kakang Antusias ikuti TC Timnas U-19 di Jakarta

Timnas U-19 Gelar Latihan Perdana di Jakarta, Ini Keinginan PelatihKakang Rudianto adalah bek andalan tim Garuda Select. Dok. Mola TV

Sementara itu, pemain debutan di TC timnas U-19, Kakang Rudianto mengatakan bahwa ia sangat bangga dan antusias mengikuti TC kali ini. Ia pun bertekad untuk menampilkan penampilan terbaik dan menembus skuat Garuda Muda.

“Latihan perdana ini cukup berat dan saya harus bisa mengimbangi intensitas latihan ini dengan kerja keras. Untuk adaptasi saya terus berkomunikasi dengan pemain yang lama atau pun yang baru dipanggil,” kata Kakang.

TC di Jakarta merupakan program persiapan Timnas U-19 menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya digelar pada Maret 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Garuda Muda terus mematangkan tim untuk tampil di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20, yang notabene dihelat di rumah sendiri.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya