Timnas U-19 Tahan Imbang TIRA-Persikabo, Fakhri: Terima Kasih!

Timnas U-19 selanjutnya bakal melawan Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 menutup pemusatan latihan dengan laga uji coba melawan TIRA-Persikabo U-20. Pada duel tersebut kedua tim bermain imbang 0-0 dalam laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (12/10).

Meski lawan yang dihadapi notabene lebih tua dari Timnas U-19, Beckham Putra dan kolega masih bisa menekan tuan rumah. Acap kali, Timnas U-19 memberikan ancaman bagi lini pertahanan TIRA-Persikabo dalam duel tersebut.

1. Garuda Nusantara mampu tampil tenang

Timnas U-19 Tahan Imbang TIRA-Persikabo, Fakhri: Terima Kasih!pssi.org

Namun demikian, tuan rumah mampu tampil tenang. Mereka juga memberikan banyak tekanan bagi pasukan Garuda Nusantara. Tak pelak, hal itu membuat pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini senang, karena anak asuhnya mendapatkan pelajaran yang diinginkan dalam laga tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada TIRA-Persikabo, karena mendapatkan kesempatan ini. Mereka tampil seperti apa yang saya inginkan, memberikan tekanan kepada para pemain kami. Hari ini, anak-anak belajar sesuatu lagi dari TIRA-Persikabo," kata Fakhri usai laga dilansir laman resmi PSSI.

Baca Juga: Jelang Kualifikasi Piala AFC U-19, Timnas U-19 Panggil 7 Pemain Baru

2. Bangga dengan progres timnya

Timnas U-19 Tahan Imbang TIRA-Persikabo, Fakhri: Terima Kasih!IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pada laga uji coba itu, empat pemain Timnas U-19 harus absen. Mereka adalah Supriadi, Ernando Ari Sutaryadi, Brylian Negiethta Aldama, dan Rizky Ridho Ramadhani yang izin membela klubnya, Persebaya Surabaya dalam kompetisi Liga 1 U-20. Namun, hal itu tak berpengaruh banyak pada keseimbangan tim.

"Tim ini bisa tetap tampil kompak dan memberikan tekanan untuk tim sekelas TIRA-Persikabo di bawah arahan coach Rahmad Darmawan. Saya banyak melakukan pergantian di babak kedua. Permainan mereka semakin baik, saya harap mereka bisa terus memperbaiki diri dan semakin baik,” ujar pelatih asal Lhokseumawe itu.

3. Fakhri tak melihat skor akhir melawan TIRA-Persikabo

Timnas U-19 Tahan Imbang TIRA-Persikabo, Fakhri: Terima Kasih!PSSI/Herka Yanis P

Fakhri pun memastikan bahwa dirinya tak melihat skor akhir dalam duel tersebut. Menurut dia, banyak hal yang lebih penting, yakni perkembangan individu pemain dan proses permainan Timnas U-19 apakah sudah sesuai dengan keinginan dirinya atau belum.

“Uji coba ini lebih kepada para pelatih melihat sejauh mana perkembangan para pemain dalam suatu pertandingan. Mereka bermain cukup baik, dan masih banyak evaluasi dan catatan yang harus tim perbaiki, sebagai persiapan kami menjelang dua laga uji coba Internasional melawan Tiongkok,” tukas pelatih berusia 54 tahun itu.

Setelah ini, Timnas U-19 bakal menjalankan laga uji coba melawan Tiongkok U-19 sebanyak dua kali. Pada laga pertama, Timnas U-19 bakal menjamu Tiongkok di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (17/10) dan satu laga terakhir bakal dimainkan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (20/10).

Baca Juga: Jelang Hadapi Tiongkok, Ini Persiapan yang Dilakoni Timnas U-19 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya