Timnas U-19 vs Qatar: Siap Mengejutkan Lagi, Garuda Muda?

Shin Tae-yong mau melihat Timnas U-19 terapkan instruksinya

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 kembali bakal unjuk kekuatan dalam rangkaian pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Usai tampil di ajang mini turnamen, kini Timnas U-19 bakal bentrok dengan Qatar dalam laga uji coba di Stadion SRC Mladost, Cakovec pada Kamis (17/7/2020).

Tak membahas target hasil pertandingan, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong hanya ingin melihat bagaimana anak asuhnya kembali tampil dalam pertandingan usai ditempa latihan berat sepekan. Menurut dia, apakah kali ini mereka bisa menjalankan instruksinya di lapangan atau tidak.

"Pada pertandingan nanti kami juga ingin terus melihat perkembangan pemain. Selain itu juga melihat bagaimana mereka sanggup menerapkan di lapangan apa yang sudah kami berikan saat latihan," kata Shin Tae-yong.

1. Shin Tae-yong bakal maksimalkan dua pertemuan Timnas U-19 lawan Qatar

Timnas U-19 vs Qatar: Siap Mengejutkan Lagi, Garuda Muda?Pelatih asal Korea Selatan saat memimpin latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Pelatih asal Korea Selatan tersebut nampaknya tak akan memforsir skuat Garuda Muda dalam laga nanti. Maklum, dia masih memiliki satu kesempatan lagi melawan Qatar pada pertandingan kedua nanti yang dihelat pada 20 September 2020.

Namun demikian, Shin Tae-yong pastinya tetap meminta Timnas U-19 tampil serius. Sebab, dia ingin melihat kemampuan maksimal anak asuhnya. Terlebih, lawannya ini tak kalah kuat dari tiga tim yang sudah dihadapi, yakni Bulgaria, Kroasia, dan Arab Saudi.

"Saat ini kondisi tim terus meningkat dan menunjukkan perkembangan positif. Kami akan melawan Qatar dua kali, mereka tim yang kuat dan bagus. Ini menjadi laga yang bermanfaat bagi kami," ujar pelatih berusia 51 tahun tersebut.

2. Skuat Garuda Muda siap tunjukkan kemampuan terbaiknya

Timnas U-19 vs Qatar: Siap Mengejutkan Lagi, Garuda Muda?Timnas U-19 saat melakukan latihan perdana di Kroasia pada Minggu (30/8/2020) (Dok.PSSI)

Kesempatan ini tentu tak mau disia-siakan oleh Beckham Putra Nugraha dkk. untuk unjuk kebolehan. Mereka dituntut bisa memaksimalkan peluang yang diberikan untuk memikat hati Shin Tae-yong, demi mengamankan posisi skuat yang tampil di Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20.

Melihat kondisi tersebut, Timnas U-19 pun memastikan diri siap tempur dalam duel nanti. Salah satu penyerang andalan, Saddam Emiruddin, mengungkapkan jika ia dan kolega sudah siap menjalani laga uji coba melawan Qatar.

3. Kekuatan Qatar dinilai mirip dengan Arab Saudi

Timnas U-19 vs Qatar: Siap Mengejutkan Lagi, Garuda Muda?Timnas U-19 saat berhadapan dengan Kroasia dalam mini turnamen pada Selasa (8/9/2020) (Dok. PSSI)

Pemain PSS itu mengaku tim pelatih pun sudah memberikan materi bagaimana menghadapi Qatar. Dia bahkan sudah sedikit mempelajari dan mengetahui kekuatan lawannya tersebut yang bermain layaknya tim dari Timur Tengah.

"Qatar hampir mirip Arab Saudi gaya bermainnya. Besok kami bertekad memberikan penampilan terbaik," tukas Saddam.

Kemenangan dalam laga nanti memang tak terlalu penting, tapi hasil positif bisa memberikan dampak psikologis yang baik bagi Timnas U-19 yang masih bakal beruji coba melawan Qatar untuk kali kedua, Bosnia-Herzegovina, serta Dinamo Zagreb.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya