Timnas U-19 vs Timor Leste: Waspada Kejutan Taktik "Saudara Muda"

Sutan Zico selalu mencetak gol ke gawang Timor Leste

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 akan memulai aksinya pada babak Kualifikasi Piala AFC U-19 2019. Mereka akan menghadapi tantangan besar dari Timor Leste dalam laga yang bakal digelar di Stadion Madya, Jakarta, pada Rabu (6/11).

Secara statistik, pasukan Garuda Nusantara unggul atas tamunya. Bentrok keduanya terjadi sebanyak tiga kali, yakni babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2018, Piala AFF U-16 2018, dan Piala AFF U-19 2019 dengan rekor tiga kali menang.

1. Zico selalu cetak gol ke gawang Timor Leste, tapi ...

Timnas U-19 vs Timor Leste: Waspada Kejutan Taktik Saudara Mudapssi.org

Pada tiga kemenangan itu, Sutan Zico selalu menjadi sosok protagonis yang membuat Timor Leste terkapar. Bagaimana tidak, Zico selalu membubuhkan namanya di papan skor yakni hattrick dalam pertemuan pertama, satu gol pertemuan kedua, dan satu gol lainnya di duel teranyarnya.

Ia dipastikan kembali jadi andalan Timnas U-19 dalam laga besok. Namun, sang lawan juga kemungkinan bakal mengantisipasi hal tersebut. Bisa jadi, Zico dibuat mati kutu untuk membuat Timnas U-19 mengalami kebuntuan dan frustrasi dalam permainan nanti.

Baca Juga: Eksperimen Fakhri Husaini untuk Timnas U-19, Jaminan Tiket Lolos?

2. Fakhri akui lawannya mudah menganalisis kekuatan Timnas U-19 lewat rekaman video

Timnas U-19 vs Timor Leste: Waspada Kejutan Taktik Saudara MudaDok. PSSI/Herka Yanis P

Hal itu pun diakui oleh pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini. Menurutnya, lawan pasti mengantisipasi kekuatan pasukan Merah Putih, sebab amat sering timnya ketika bertanding ditayangkan langsung oleh media lokal mau pun internasional.

"Tak terbantahkan bahwa semakin banyak kami bertanding, diliput media, semakin mudah negara-negara lain mengetahui kekuatan tim kita," kata Fakhri kepada awak media di Hotel Century, Jakarta pada (5/11).

Tak pelak, pelatih berusia 54 tahun itu yakin semua tim melakukan hal yang sama, berusaha menganalisis kekuatan dan mengantisipasi lawan-lawannya sebelum duel dimulai.

3. Timor Leste waspadai lini serang Timnas U-19

Timnas U-19 vs Timor Leste: Waspada Kejutan Taktik Saudara MudaPSSI/Herka Yanis P

Sementara, sang tamu sudah menyiapkan diri untuk berhadapan dengan Timnas U-19. Asisten pelatihnya, Eduardo Pereira menyebut bakal mewaspadai lini depan tuan rumah. Ia berpendapat, para penyerang Timnas U-19 sangat agresif dan berbahaya.

"Saya sudah mempersiapkan tim secara maksimal untuk melawan Indonesia. Timnas U-19 saat ini sangat kuat. Anak-anak juga harus menjaga emosinya untuk laga nanti," tukas dia.

Bentrok edisi keempat antara Timnas U-19 melawan Timor Leste memang layak untuk ditunggu. Siapa pun tim yang bisa melewati sulitnya laga perdana, mereka-lah yang layak menjadi pemenang.

Baca Juga: Ingin Nonton Timnas U-19 di Kualifikasi AFC? Cek Dulu Harga Tiketnya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya