Comscore Tracker

Timnas U-22 vs Brunei SEA Games 2019: Garuda Muda Wajib Pesta Gol!

Timnas butuh banyak gol untuk mengejar selisih gol

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 tak punya pilihan lain selain sapu bersih dua laga sisa Grup B pada ajang SEA Games 2019 jika ingin lolos ke babak semifinal, termasuk saat bentrok dengan tim pesakitan Brunei Darussalam di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Selasa (3/12).

Menang saja pun tak cukup, skuat Garuda Muda wajib dapatkan tripoin dengan skor mencolok. Hal itu diperlukan untuk bisa bersaing dengan Thailand yang berada di posisi kedua. Maklum, mereka sejauh ini unggul produktivitas gol atas Timnas U-22.

Sejauh ini, Timnas U-22 masih berada di urutan ketiga klasemen Grup B dengan torehan enam poin surplus tiga gol saja, kalah produktif dari Thailand yang surplus delapan gol.

1. Timnas U-22 mendapatkan tekanan lebih karena harus menang banyak

Timnas U-22 vs Brunei SEA Games 2019: Garuda Muda Wajib Pesta Gol!Penyerang Timnas U-22, Egy Maulana Fikri diadang pemain Vietnam dalam laga ketiga Grup B SEA Games, Minggu (1/12). Dok PSSI

Namun demikian, kemenangan tak begitu saja mudah diraih. Walau Brunei Darussalam dipastikan gugur, mereka tak mau kehilangan muka karena harus jadi bulan-bulanan negara tetangga.

Sebaliknya, mereka bisa tampil lebih lepas karena tak kepentingan apa pun untuk meraih hasil terbaik lawan Timnas U-22. Bumerang bisa jadi merugikan Osvaldo Haay dan kolega.

Sedikit saja menganggap enteng Brunei Darussalam, bukan tak mungkin hasil kurang memuaskan bakal diterima oleh Timnas U-22. Dan, hal itu bisa membuat langkah mereka untuk lolos semakin berat.

Apalagi, penggawa Timnas u-22 pasti bakal lebih tertekan menghadapi laga kali ini lantaran target mencetak banyak gol.

"Kami tentu akan bermain seperti biasa dan ingin menang melawan Brunei dengan selisih gol sebanyak mungkin. Hal ini karena penentuan lolos dari fase grup bila poin sama yakni dengan sistem selisih gol," kata pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Kalah Tipis dari Vietnam, Indra Sjafri: Semoga Ketemu Lagi di Final

2. Indra minta Timnas U-22 tak remehkan Brunei Darussalam

Timnas U-22 vs Brunei SEA Games 2019: Garuda Muda Wajib Pesta Gol!Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pelatih berusia 54 tahun itu juga meminta pemain-pemainnya untuk fokus melawan Brunei Darussalam. Ia ingin pemain melupakan hasil kekalahan 1-2 kemarin dari Vietnam. Tak lupa pelatih asal Padang itu meminta anak asuhnya pantang meremehkan Brunei Darussalam dalam duel nanti.

"Brunei tetap kami waspadai karena mereka pernah menyulitkan kami saat Kualifikasi AFC U-23 bulan Maret lalu di Vietnam. Saat itu kami hanya menang 2-1. Besok pemain harus mengerahkan semua kemampuan untuk mendulang gol sebanyak mungkin. Hampir semua pemain dalam kondisi fit, hanya Firza Andika dan Muhammad Rafli yang masih dalam pemulihan cedera," ujar Indra.

3. Brunei memiliki motivasi untuk bisa tampil baik lawan Timnas U-22

Timnas U-22 vs Brunei SEA Games 2019: Garuda Muda Wajib Pesta Gol!Selebrasi trio penyerang Timnas U-22. Dok.PSSI

Brunei Darussalam sendiri dipastikan siap menghadapi Timnas U-22. Mereka tentunya tak mau laga nanti bakal kembali berakhir pahit. Sebab, sudah 16 gol bersarang ke gawang Brunei Darussalam sampai saat ini.

Bisa saja Brunei memilih untuk tampil bertahan dengan menumpuk pemain di belakang. Hal itu setidaknya mampu meminimalisir gol yang bakal terjadi. Jika hal demikian sukses, bukan tak mungkin mereka bisa membuat kejutan, minimal bisa menahan imbang Timnas U-22.

4. Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 melawan Brunei Darussalam

Timnas U-22 vs Brunei SEA Games 2019: Garuda Muda Wajib Pesta Gol!Saddil Ramdani (kiri) memeluk Egy Maulana Vikri (kanan) saat melakukan selebrasi gol bagi Timnas U-22. Dok. PSSI

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia U23 (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata; Firza Andika, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Osvaldo Haay.

Brunei Darussalam (4-4-2): Mohd Jabidi Muhd Ishyra; Jaini Muhammad Nazif Safwan, Nokman Mohd Ridhwan, Aminuddin Muhammad Wafi, Basri Muhammad Abdul; Haji Sisa Mohammad Amin, Herman Abdul Hariz, Abdul Ghani Muhammad Rahimin, Azim Haziq Kasyful; Haji Ismail Nazirrudin, Said Muhd Hakeme Yazid.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: [LINIMASA] Keping Medali yang Dimenangkan Indonesia di SEA Games 2019!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You