Comscore Tracker

Timnas U-16 Sulit Lakukan Uji Coba Internasional pada Bulan Agustus

Timnas U-16 baru beruji coba lawan negara lain pada Oktober

Jakarta, IDN Times - Sudah sepekan lebih Timnas Indonesia U-16 melakukan pemusatan latihan di Bekasi. Hanya saja, mereka nampaknya bakal sulit menggelar laga uji coba internasional karena kondisi masih belum memungkinkan di tengah pandemik COVID-19 ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Menurut dia, awalnya Alexandro Felix Kamuru dan kolega dijadwalkan melakukan uji coba dengan negara lain pada Agustus 2020 mendatang, tapi kenyataannya sulit.

“Untuk mendatangkan timnas dari luar saja susah, jadi kemungkinan besar Oktober atau awal November (bisa menggelar uji coba internasional). Setelah itu langsung berangkat ke Bahrain,” kata Bima dalam rilis resmi PSSI, Rabu (15/7/2020).

1. Timmas U-16 akan gelar TC sampai akhir Juli

Timnas U-16 Sulit Lakukan Uji Coba Internasional pada Bulan AgustusPSSI/Herka Yanis P

Namun hal itu tak jadi soal bagi Bima. Timnas U-16 bakal terus melanjutkan program TC hingga pengujung Juli, sambil menunggu waktu yang tepat menjalani uji coba melawan tim-tim yang memiliki kemiripan dengan calon lawan skuat Garuda Muda ini.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-16 bakal segera  mentas di ajang Piala AFC U-16 2020 yang berlangsung di Bahrain, 25 November-12 Desember 2020 mendatang. Mereka harus bersaing dengan lawan kuat macam Jepang, Arab Saudi, sampai Tiongkok yang bersaing di Grup D.

"Seperti Korea Selatan yang memiliki ciri khas bermain hampir sama dengan Jepang. Lalu yang mirip dengan Arab kita bisa ambil lawan uji cobanya Yordania,” ujar eks pelatih Persiba tersebut.

Baca Juga: Timnas U-16 Gelar TC di Bekasi, Bima Sakti Langsung Agendakan Uji Coba

2. Bima Sakti sedang diskusi dengan Yordania untuk rencanakan uji coba

Timnas U-16 Sulit Lakukan Uji Coba Internasional pada Bulan AgustusDok.affsuzukicup

Kini, komunikasi terus dilakukan Indonesia dengan federasi Yordania. Mereka bahkan sudah menanyakan kondisi Tanah Air seperti apa sampai saat ini. Tapi, Bima masih menunggu kondisi benar-benar membaik.

Lebih jauh, Bima berharap selama beberapa bulan ke depan, kondisi terus berangsur membaik. Sehingga Yordania yang punya kemiripan dengan Timnas Arab Saudi, mau bersepakat untuk datang dan menjajal kekuatan Timnas U-16.

3. Penggawa Timnas U-16 tunjukkan perkembangan usai jalani TC sepekan

Timnas U-16 Sulit Lakukan Uji Coba Internasional pada Bulan AgustusTimnas U-16 menggelar TC perdana di tengah pandemik COVID-19, Senin (6/7/2020) (Dok. IDN Times/PSSI).

Sementara, Bima membeberkan kondisi fisik anak asuhnya setelah menjalani latihan selama sepekan. Sejauh ini, belum bisa dinilai lebih jauh, tapi jelas ada perkembangan yang dialami anak asuhnya.

"Kita mulai Senin lalu, latihan pengenalan lagi untuk Filanesia, kemudian untuk latihan memang dengan interval yang tetap jaga jarak. Kalau tim pelatih tidak bisa memaksakan, karena ini berbeda. Perkembangan pemain juga ada kemajuan setiap harinya," tukas Bima Sakti

Tim pelatih Timnas U-16 sendiri masih menyesuaikan dengan kondisi pemain. Yang pasti pada pekan kedua ini, Bima Sakti bakal memberikan menu latihan berbeda.

Baca Juga: Daftar 26 Pemain Timnas U-16 yang Dipanggil TC di Bekasi Juli Nanti

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya