Comscore Tracker

TIRA-Persikabo vs Persija: Pembuktian Pasukan Loreng!

Persija kehilangan lima pemain

Jakarta, IDN Times - Pemuncak klasemen sementara kompetisi Shopee Liga 1 2019, TIRA-Persikabo bakal mendapatkan ujian berat pada pekan kesembilan. Mereka akan menjamu lawan kuat, Persija Jakarta, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Selasa (17/7).

Tuan rumah bukan tanpa celah walau sedang dalam performa terbaik. Mereka sedikit memiliki masalah jika tampil di Pakansari. Tercatat, hanya dua kali saja mereka meraih kemenangan dari lima laga yang telah dijalankan.

Sisanya, tiga kali mereka gagal meraih tripoin di hadapan publiknya sendiri, yakni saat menjamu Barito Putera (3-3), PSM Makassar (0-0), dan Madura United (2-2). Hal itu tentu bukan catatan baik bagi tim yang sedang menghuni peringkat pertama Liga 1.

1. Rahmad Darmawan anggap Persija tim istimewa

TIRA-Persikabo vs Persija: Pembuktian Pasukan Loreng!IDN Times/Hendy Wardhana

Bagi pelatih TIRA-Persikabo, Rahmad Darmawan, laga melawan Persija akan terasa begitu istimewa. Lantaran, klub asal ibu kota tersebut banyak menyimpan kenangan. Apalagi, sepanjang kariernya, purnawirawan TNI itu pernah membela Persija sebagai pemain dan pelatih.

"Jika bicara kenangan, itu banyak sekali. Saya pernah melatih di sana (Persija) selama tiga kali. Saya selalu bangga pernah menjadi bagian dari klub besar seperti Persija. Itu jadi kebanggaan bagi saya bisa bertemu mereka," kata pria yang kerap disapa RD ini dalam konferensi pers jelang laga di Cibinong, Senin (15/7).

Baca Juga: Sengit di GBK, Persija vs Persib Berakhir Sama Kuat

2. Suporter TIRA-Persikabo banyak memberikan semangat lebih bagi tim

TIRA-Persikabo vs Persija: Pembuktian Pasukan Loreng!Dok. TIRA-Persikabo/Alvino Hanafi

Sebagaimana diketahui, RD tercatat pernah membela Persija sebagai pemain sebanyak dua kali. Pertama, ia berseragam Persija pada periode 1986-1991. Namun, setelah itu ia hijrah ke berbagai klub termasuk Malaysia, hingga akhirnya kembali ke pelukan klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut pada 1994-1995.

Di sisi antusiasme RD menghadapi Persija, ia berharap pendukung TIRA-Persikabo bisa memenuhi stadion dan mendukung klub yang tahun ini merger dengan Persikabo. Sebab, hal itu mulai berdampak akhir-akhir ini, Manahati Lestusen dan kolega tampil lebih termotivasi setelah penonton mulai mau datang ke stadion setelah tiga tahun tak pernah didukung suporternya.

"Kehadiran suporter sangat membantu mental pemain. Saya pun sangat berterima kasih sama UPCS dan Kabomania. Mereka datang, kami pemain dan pelatih justru lebih semangat dalam pertandingan. Mereka menolong supaya anak-anak fight sampai akhir pertandingan," ujar pelatih berusia 52 tahun tersebut.

3. Banyak pemain Persija absen saat menghadapi TIRA-Persikabo

TIRA-Persikabo vs Persija: Pembuktian Pasukan Loreng!Twitter/@Persija_Jkt

Sementara, Persija sedikit tak diuntungkan dalam laga ini. Selain permasalahan boikot dari The Jakmania perihal harga tiket yang melambung, skuat Persija juga sedang dalam kondisi kurang lengkap setelah beberapa pemainnya absen lantaran dibekap cedera dan terkena sanksi larangan bertanding.

Total, lima pemain yang harus menepi, yaitu Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu, Steven Paulle, Novri Setiawan (sanksi), dan Bruno Matos yang kembali mengalami cedera saat berlaga menghadapi Persib. Hal itu membuat pelatih Persija, Julio Banuelos, pusing bukan kepalang.

4. Banuelos pastikan bakal lakukan rotasi

TIRA-Persikabo vs Persija: Pembuktian Pasukan Loreng!persija.id

Namun demikian, pelatih asal Spanyol itu tak mau ambil pusing. Ia menyiratkan bakal melakukan rotasi dan mencoba beberapa pemain baru untuk tampil dalam laga melawan TIRA-Persikabo. Termasuk dengan pemain yang bakal menggantikan posisi Novri yang harus menjalani hukuman larangan bertanding akibat kartu merah yang didapat di laga sebelumnya.

"Soal rotasi di tim, mungkin akan ada karena Novri kan tidak bisa main akibat kartu merah," tukas dia.

5. Perkiraan susunan pemain TIRA-Persikabo kontra Persija

TIRA-Persikabo vs Persija: Pembuktian Pasukan Loreng!IDN Times/Galih Persiana

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga 1 Pekan ke-9, TIRA-Persikabo akan Diadang Persija

TIRA Persikabo (4-3-3): Angga Saputra; Rifad Marasabessy, Khurshed Beknazarov, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Ciro Alves, Louis Essengue Parfait; , Wawan Febrianto, Loris Arnaud, Osas Saha.

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Tony Sucipto; Fitra Ridwan, Rohit Chand, Yogi Rahadian; Feby Eka Putra, Marko Simic, Riko Simanjuntak.

 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You