Tolong Batalkan Saja Serie A Musim Ini!

Pandemik virus corona melumpuhkan seluruh wilayah di Italia

Jakarta, IDN Times - Italia masuk jajaran negara terparah yang diakibatkan wabah virus corona atau COVID-19. Sampai saat ini, bencana virus itu belum selesai, sehingga muncul wacana kompetisi Serie A 2019/2020 dibatalkan.

Dua presiden klub kontestan Liga Italia, yakni Brescia dan Torino pun sepakat dengan opsi tersebut. Keduanya merasa, pandemik tersebut sudah dinyatakan jadi bencana dan membuat Italia lumpuh sampai saat ini.

1. Presiden Torino anggap Serie A harus segera dibatalkan lantaran krisis nasional

Tolong Batalkan Saja Serie A Musim Ini!Presiden klub Serie A Torino, Urbano Cairo. (calcioefinanza.it)

Presiden Torino, Urbano Cairo, mengungkapkan bahwa virus corona sudah jadi bencana nasional. Menurut dia, bukan waktu yang tepat jika dalam waktu dekat kompetisi bisa digulirkan, sebab semua orang masih bergelut dengan krisis akibat pandemik tersebut.

"Kompetisi musim ini selesai. Silakan ambil saja bagi siapa pun yang menginginkan gelar juara berdarah ini, karena saya anggap musim ini selesai. Ini saya ungkapkan bukan karena Brescia ada di posisi paling buncit klasemen (Serie A)," kata Cairo dikutip dari Corriere dello Sport.

Sebagaimana diketahui, Brescia merupakan klub yang bermarkas di Lombardy, provinsi di Italia. Daerah tersebut merupakan wilayah yang paling parah terdampak virus corona dengan jumlah kematian melampaui tiga ribu orang.

Baca Juga: Serie A Liga Italia Resmi Disetop Gegara Virus Corona Mengganas

2. Cario tak paham beberapa pihak tetap ngotot memulai latihan di tengah krisis Italia karena virus corona

Tolong Batalkan Saja Serie A Musim Ini!calciomercato.com

Klub-klub asal Lombardy, seperti Atalanta, Sampdoria, sampai Brescia pun sejauh ini sudah bersikukuh tak bersedia untuk bermain di tengah krisis virus corona di Italia. Di sisi lain, klub-klub seperti Lazio dan Napoli sudah siap melakukan latihan dan siap kembali berlaga di Serie A.

Tak pelak hal itu membuat Cairo tak habis pikir. Pria berusia 62 tahun itu cukup aneh jika ada pihak berbicara jika wilayahnya tak terkena dampak dan siap kembali mentas di Liga Italia. Itu dianggapnya sebagai pernyataan konyol karena kondisi cepat berubah ketika virus corona sudah mulai menyebar.

3. Presiden Brescia menyatakan jika keselamatan lebih prioritas ketimbang sepak bola

Tolong Batalkan Saja Serie A Musim Ini!glonaabot.it

Setali tiga uang, Presiden Brescia, Masssimo Cellino, turut merasa jika membatalkan Serie A musim ini merupakan keputusan terbaik. Ia ingin krisis nasional ini membuat orang-orang paham jika keselamatan nyawa manusia di atas apa pun, termasuk sepak bola.

"Nyawa adalah prioritas utama, camkan itu. Semua harus dihentikan, sampai waktunya musim depan. Semua pihak harus bersikap realistis dan itu lebih terhormat, ini sudah jadi wabah (virus corona)," ujar Cellino.

4. Italia jadi negara terparah kedua akibat dampak virus corona

Tolong Batalkan Saja Serie A Musim Ini!forbes.com

Italia memang jadi episentrum virus corona di Eropa. Data WHO terkini menyebutkan, sebanyak 53.578 kasus positif terinfeksi virus corona telah terjadi di Italia, termasuk kasus-kasus baru yang sudah terendus sekitar 4.821 kasus. Italia pun kini tercatat sebagai negara terparah kedua akibat pandemik ini setelah Tiongkok.

Sampai Sabtu (19/3), pemerintah Italia mengonfirmasi 793 kematian akibat virus corona terjadi hanya dalam periode waktu sehari atau 24 jam. Sehingga jumlah warga yang tewas di negara tersebut sudah mencapai 4.825 orang karena sebelumnya terjangkit virus corona atau COVID-19.

Baca Juga: Perebutan Gelar Serie A 2019/2020 Bisa Dilalui dengan Babak Playoff

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya