Tottenham Hotspur Menang Lagi, Jose Mourinho Bahagia

Tottenham sempat kalah dalam empat laga di festive season

Jakarta, IDN Times - Tottenham Hotspur akhirnya berhasil mengakhiri periode buruk di festive season. Memasuki tahun baru, mereka berhasil meraih kemenangan atas Leeds United 3-0 pada pekan ke-16 Premier League 2020/2021, Sabtu (2/1/2021).

Pelatih Tottenham, Jose Mourinho tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah mengakhiri empat pekan buruk yang dijalani Heung Min-son dan kolega. Menurut dia, kemenangan ini sangat berarti bagi timnya.

"Ini jadi tiga poin yang sangat penting. Kami mengetahui Leeds berpotensi memberikan ancaman, tapi kami cegah dengan strategi untuk membuat mereka tak berkutik. Hal itu yang membuat saya bahagia," kata Mourinho dikutip Sky Sport.

1. Leeds United lebih dominan, tapi The Liliwhite efektif

Tottenham Hotspur Menang Lagi, Jose Mourinho BahagiaLeeds United saat kalah dari Tottenham. (leeds-live.co.uk).

Para pemain Tottenham Hotspur bermain spartan dalam duel kali ini. Duet paling mematikan di Liga Inggris musim ini, yakni Harry Kane dan Son Heung-min berhasil tampil efektif walau timnya tampil kurang dominan.

Mourinho menginstruksikan pemainnya memeragakan permainan pragmatis dalam duel ini. Leeds United yang bertindak sebagai tuan rumah tampil lebih dominan dengan penguasaan bola sebesar 64 persen sepanjang laga. Berbanding terbalik dengan Tottenham yang hanya memiliki persentase 37 persen.

Jumlah passing Tottenham pun hanya menyentuh angka 347 degan tingkat akurasi 75 persen. Jumlah itu kalah banyak dari Leeds yang berhasil melakukan 591 operan sepanjang laga dengan persentase 84 persen.

Efektivitas ala Mou pun terbukti berhasil membuat Tottenham menang meyakinkan dalam duel ini.

Baca Juga: Secara Dramatis, Tottenham Akhirnya Tumbangkan Leeds 3-0

2. Puja-puji Jose Mourinho untuk pemain Tottenham

Tottenham Hotspur Menang Lagi, Jose Mourinho Bahagiaindependent.co.uk

Kane dan Son tampil cukup baik untuk menekan pertahanan Leeds. Ditopang Tanguy Ndombele, aliran bola di lini tengah Tottenham Hotspur berjalan baik. Tak jarang umpan-umpannya membuat para penyerang berhasil membuahkan peluang berbahaya.

Jose Mourinho pun memuji anak asuhnya yang tampil maksimal dan berhasil mencetak banyak gol. Para pemain sudah menjalankan instruksinya dengan baik, dan para penyerang bisa menunjukkan kerja keras dan pantang menyerah di lapangan.

"Saya menginginkan pemain bisa tampil ekspresif. Harry Kane dan Son Heung-min tampil istimewa, tapi pemain lainnya pun membuktikan diri bisa menciptakan gol," ujar eks pelatih Real Madrid itu.

3. Harry Kane dan kolega ditunggu lawan berat

Tottenham Hotspur Menang Lagi, Jose Mourinho BahagiaSon Heung Min (kiri) dan Harry Kane (kanan) mesin gol berbahaya milik Tottenham Hotspurs. (premierleague.com).

Hasil ini membuat Tottenham kembali merangsek ke posisi ketiga dengan perolehan 29 poin. Mereka hanya terpaut empat poin dari Manchester United di posisi kedua dan Liverpool di peringkat pertama, yang sama-sama mengumpulkan 33 angka hingga pekan ke-16 Premier League musim ini.

Selanjutnya, Tottenham Hotspur bakal menjalani Semifinal Piala Liga melawan Brentford dan babak ketiga FA Cup melawan Marine. Baru setelah menjalani dua laga tersebut tim besutan Jose Mourinho ditungu lawan kuat Aston Villa pada peka ke-17 nanti.

Baca Juga: Periode Buruk Tottenham, Lewati Boxing Day Tanpa Kemenangan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya