Tuan Rumah Piala AFC Tak Jelas, Persipura Gas Terus

Persipura akan gelar 3 laga uji coba, termasuk lawan Persib

Jakarta, IDN Times - Persipura Jayapura hingga kini masih belum tahu bakal melangsungkan pertandingan di mana saat melakoni Piala AFC 2021. Sejauh ini, Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) belum memberikan kepastian, usai Singapura menarik wakilnya dari ajang tersebut.

Sejatinya, Lion City Sailors bakal menjadi tuan rumah di babak penyisihan zona ASEAN Grup H. Selain bergabung dengan Persipura, mereka juga bersaing dengan Saigon FC (Vietnam) dan Kedah Darul Aman (Malaysia). Namun, rencana itu gagal.

Selain pertarungan di Grup H, Singapura juga seharusnya didapuk sebagai tuan rumah untuk laga di Grup I oleh AFC. Namun, fase yang bakal dihelat mulai 29 Juni sampai 5 Juli 2021 itu juga akhirnya batal terlaksana.

1. Serius jalankan program latihan di Jakarta

Tuan Rumah Piala AFC Tak Jelas, Persipura Gas Terusliga-indonesia.id

Tanpa memikirkan tidak jelasnya status tuan rumah, pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, menegaskan timnya tetap fokus menggelar persiapan. Sebab, itu jadi langkah antisipasi jika nantinya memang sudah ditemukan lokasi duel yang definitif.

"Program tetap jalan seperti biasanya. Tak ada perubahan apapun karena AFC belum memberikan pernyataan resmi. Kemarin hanya ada pengajuan dari Singapura untuk mengundurkan diri," kata mantan pelatih Barito Putera itu di channel YouTube Persipura.

"Rencana kami tetap sama. Yang pasti berubah itu seharusnya kami ke Jakarta untuk berlatih di lapangan sintetis. Latihan di lapangan tersebut tak jadi hal utama (Singapura yang stadionnya menggunakan rumput artifisial mundur), selebihnya masih sama," lanjut dia.

Baca Juga: Persipura Resmi Datangkan Eks Striker Ganas PSS

2. Siapkan tiga uji coba

Tuan Rumah Piala AFC Tak Jelas, Persipura Gas TerusLiga-Indonesia.id

Persipura sudah merencanakan beberapa laga uji coba sebelum terjun ke Piala AFC 2021. Tiga klub Liga 1 yang kini jadi bidikan skuad Mutiara Hitam untuk menempa diri selama menjalani latihan di Pulau Jawa.

Rencananya, mereka bakal menjajal kekuatan Persik Kediri pada laga uji coba pertama yang digelar 5 Juni 2021. Sehari berselang, tim akan pindah ke Jakarta. Mereka bakal melakukan latihan sebelum menggelar uji tanding melawan Persita pada 13 Juni 2021.

Usai menghadapi dua laga uji coba itu, Persipura coba menantang Persib Bandung. Duel melawan Maung Bandung rencananya bakal digelar pada 19 Juni 2021.

3. Singapura mundur karena COVID-19

Tuan Rumah Piala AFC Tak Jelas, Persipura Gas TerusInstagram/@persipurapapua1963

Seharusnya, usai menjalani beberapa laga uji coba Persipura harus bertolak ke Singapura untuk menjalani laga penyisihan Grup H Piala AFC 2021. Namun, federasi sepak bola Singapura (FAS) memilih tak jadi menghelat penyisihan itu. Hal itu tak lepas dari situasi pandemik COVID-19 yang kembali meningkat.

"FAS bekerja dengan semua pihak terkait untuk menciptakan situasi yang aman kepada semua peserta turnamen ini (Piala AFC 2021). Hanya saja, pandemik yang tak menentu membuat perjalanan untuk masuk ke negara ini jadi hambatan buat kontestan negara lain untuk datang," tulis pernyataan resmi FAS beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ketiban Durian Runtuh, Persipura Lolos Otomatis ke Piala AFC

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya