Comscore Tracker

UEFA Gelar Final Liga Champions dan Liga Europa Agustus 2020?

Manchester City lawan Real Madrid bakal awali dimulainya UCL

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari federasi sepak bola Eropa (UEFA). Mereka disebut sudah membuat jadwal anyar babak 16 besar Kompetisi Liga Champions 2019/2020. Rencananya ajang tersebut bakal kembali bergulir pada awal Agustus 2020 mendatang.

Dikutip dari Sky Sport, duel Manchester City melawan Real Madrid yang bakal digelar di Etihad Stadium pada 7 Agustus 2020 bakal jadi pertandingan penanda digelarnya lagi kompetisi terelit Eropa ini. Dalam waktu bersamaan, Juventus yang bentrok dengan Olympique Lyon di Juventus Stadium juga menyandang laga pembuka.

1. Jadwal anyar menyebut final Liga Champions dilaksanakan pada 29 Agustus 2020

UEFA Gelar Final Liga Champions dan Liga Europa Agustus 2020?juventus.com

Sehari berselang, tepatnya pada 8 Agustus, bakal ada duel seru yang mempertemukan Barcelona melawan wakil Italia lain, yakni Napoli. Selain itu, pertandingan Bayern Munich melawan Chelsea bakal dihelat di hari yang bersamaan.

Jadwal itu dirilis lantaran UEFA sudah membuka opsi untuk bisa menggelar Liga Champions pada 29 Agustus 2020, molor dari jadwal yang direncanakan pada 30 Mei di Stadion Olimpiade Ataturk di Istanbul. Hal itu membuat isu mengenai dibatalkannya kompetisi tersebut musim ini tak terbukti.

Sementara, final Liga Europa bakal dilangsungkan beberapa hari lebih awal, tepatnya 26 Agustus 2020 dengan opsi digelar di tempat yang sudah dijadwalkan sejak awal, yakni di Gdansk.

2. Bisa jadi Liga Champions digelar setelah kompetisi domestik selesai

UEFA Gelar Final Liga Champions dan Liga Europa Agustus 2020?chroniclelive.co.uk

Di samping skema pertama yang sudah dibuat, federasi sepak bola Eropa itu juga sudah ancang-ancang menentukan opsi lain. Jika kompetisi domestik bisa kembali kick-off pada Juni mendatang, mereka kemungkinan bakal memainkan kompetisi Eropa di saat yang sama.

Namun, jika tetap belum bisa dihelat lantaran masih adanya virus corona pada bulan tersebut, UEFA bakal mengambil opsi untuk melanjutkan Liga Champions dan Liga Europa pascakompetisi di tiap negara selesai.

3. Ada opsi lanjutan Liga Champions dan Liga Europa bakal digelar dengan skema mini turnamen

UEFA Gelar Final Liga Champions dan Liga Europa Agustus 2020?Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki. (trover.com)

Tak hanya itu saja, opsi lain juga mulai muncul untuk meminimalisir risiko akibat pandemik ini. Bisa jadi Liga Champions 2019/2020 edisi kali ini bakal diselesaikan dengan mini turnamen yang bakal dihelat di Istanbul, Turki.

Hanya saja jadwal itu belum ketok palu, lantaran UEFA sendiri baru akan menggelar rapat bersama Komite Eksekutif pada Kamis depan. Namun sebelum itu, mereka akan membahasnya dengan 55 anggota asosiasi pada Selasa dan klub yang tampil di Liga Champions dan Liga Europa sehari setelahnya.

Baca Juga: UEFA Buka Opsi Gelar Liga Champions dan Liga Europa Tanpa Penonton

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya