Unai Emery Resmi Ditunjuk Jadi Manajer Aston Villa

Emery baru akan bergabung dengan tim pada 1 November 2022

Jakarta, IDN Times - Unai Emery resmi ditunjuk sebagai Manajer Aston Villa. Dia masuk untuk menggantikan Steven Gerrard yang pekan lalu didepak oleh manajemen klub.

Hal itu diungkapkan langsung Aston Villa melalui unggahan di Twitter resmi. mereka pada Selasa (25/10/2022).

“Aston Villa dengan senang hati mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai Pelatih Kepala klub yang baru,” tulis pernyataan @AVFCOfficial.

1. Emery mulai bergabung dengan skuad Aston Villa pada 1 November

Namun demikian, belum disebutkan berapa lama durasi kontrak yang diterima Emery di Aston Villa. Yang pasti, pihak klub harus menebusnya dari Villareal, karena dia masih memiliki kontrak hingga 2023.

Emery pun belum bisa bergabung dengan klub dalam waktu dekat. Dia baru bisa memimpin skuad Aston Villa mulai 1 November 2022 untuk menyelesaikan izin kerja lebih dulu.

Baca Juga: Unai Emery, Sang Raja Kasta Kedua Eropa Siap Naik Pangkat 

2. Emery gagal bersinar di Arsenal

Unai Emery Resmi Ditunjuk Jadi Manajer Aston Villagoal.com

Pindahnya Emery ke Aston Villa tentu jadi kejutan besar. Maklum, sang pelatih punya rekor jeblok saat pertama kali datang ke Premier League untuk menukangi Chelsea. Alih-alih meraih gelar, dia malah tak bisa menjaga konsistensi Arsenal kala itu.

Saat musim 2018/19, Emery punya peluang bagus membawa Arsenal meraih gelar Liga Europa. Hanya saja, mereka gagal melakukan itu lantaran tak bisa berbuat banyak saat dikalahkan Chelsea 4-1.

Setelah kembali ke LaLiga dan kini menukangi Villarreal, dia cukup memberikan dampak yang baik. Satu trofi dari Liga Europa 2020/21 dipersembahkan olehnya.

3. Emery harus bisa mengakat performa Aston Villa yang jeblok

Unai Emery Resmi Ditunjuk Jadi Manajer Aston Villaarsenal.com

Harapan kini berada di pundak Emery. Maklum, sejauh ini Aston Villa masih belum bisa menunjukkan performa terbaiknya hingga Premier League memasuki pekan ke-12. Mereka masih bertengger di peringkat 15 klasemen sementara dengan catatan 12 poin.

Unai Emery pun dituntut membuktikan bisa membawa perubahan besar dalam skuad Aston Villa ke depan. Jika hasilnya masih nihil, bukan tak mungkin kariernya sebagai manajer di Premier League kembail berujung kegagalan.

Baca Juga: Unai Emery: Sang Mastermind Kesuksesan Villarreal di Kompetisi Eropa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya