Usai Liga 1 2020, Hamka Hamzah akan Pensiun bersama Arema FC

Hamka sudah 12 kali berpindah klub sepanjang kariernya

Jakarta, IDN Times - Pemain gaek Arema FC, Hamka Hamzah mengumumkan bakal gantung sepatu setelah kompetisi musim 2020 berakhir. Ia berencana untuk menjadikan Singo Edan sebagai tim terakhir yang dibelanya di kancah sepakbola nasional.

Keinginan pensiunnya tersebut ia umumkan sesaat usai timnya berhadapan dengan Madura United di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pekan lalu. Wajar dirinya punya hasrat seperti itu, maklum usia Hamka sudah menginjak 35 tahun dan itu bukan usia yang segar lagi bagi seorang pesepakbola profesional.

1. Hamka ungkapkan sendiri hasrat untuk pensiun

Usai Liga 1 2020, Hamka Hamzah akan Pensiun bersama Arema FCHamka Hamzah akui siap jadi pelapis pemain yang lebih muda. IDN Times/ Alfi Ramadana

Hal tersebut diakui langsung oleh pemain yang fasih bermain di posisi bek tengah tersebut. Menurut Hamka, susah baginya yang secara usia sudah tak muda lagi untuk bermain maksimal. Terlebih, jadwal yang padat harus dilalui setiap klub musim ini.

"Tahun depan insyaallah saya pensiun. Jadi 2020 adalah akhir perjalanan Hamka Hamzah sebagai pesepakbola. Dan saya pastikan bakal pensiun bersama Arema," kata mantan pemain Persija tersebut pada Minggu (10/11).

Baca Juga: Jelang Jamu PSS Sleman, Hamka : Bagaimanapun Caranya Harus Menang

2. Hamka ingin meniti karier sebagai seorang pelatih

Usai Liga 1 2020, Hamka Hamzah akan Pensiun bersama Arema FCLiga-Indonesia.id

Usai pensiun sebagai pesepakbola, Hamka mengaku tak akan jauh-jauh dari lapangan hijau. Ia tetap bakal aktif dalam dunia bal-balan. Namun, perannya bakal berubah menjadi seorang pelatih dan mendedikasikan hidupnya mendidik bakat-bakat muda di Kota Apel tersebut.

"Saya punya rencana jadi asisten pelatih dulu atau jika memungkinkan jadi pelatih Arema junior. Saya bakal cari bibit-bibit pemain muda di seluruh Malang untuk regenerasi dan masa depan tim," ujar pemain asli Makassar tersebut.

3. Hamka Hamzah sudah 12 kali pindah klub

Usai Liga 1 2020, Hamka Hamzah akan Pensiun bersama Arema FCANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Hamka merupakan pemain yang sudah malang-melintang di kompetisi sepakbola Tanah Air sejak 2001 silam. Ia memulai debut profesionalnya bersama PSM. Setelah itu ia dikenal acap kali berpindah-pindah klub besar, seperti, Persebaya, Persija, Persik, Sriwijaya, sampai mentas di kompetisi Malaysia bersama PKNS.

Di level Timnas Indonesia pun, Hamka sudah cukup lama mengabdi. Tercatat, dirinya mulai keluar masuk skuat Garuda sejak 2004-2014. Ia berhasil membukukan 32 penampilan masing-masing di Piala Asia 2004, Piala Tiger 2004, Piala AFF 2010, dan Pra-Piala Dunia 2014.

Baca Juga: Sudah Puas Bermain Bola, Hamka Hamzah Isyaratkan Segera Pensiun

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya