Cedera ACL, Virgil van Dijk Terancam Absen 8 Bulan Bela Liverpool

Van Dijk mengalami cedera ACL usai diterjang Pickford

Jakarta, IDN Times - Bek Liverpool, Virgil van Dijk terancam absen delapan bulan setelah baru saja mendapatkan cedera cukup parah. Dia mengalami masalah pada Anterior Cruciate Ligamen (ACL) usai mendapat tekel horor dari kiper Everton, Jordan Pickford dalam derby merseyside pada Sabtu (11/10/2020) malam WIB.

Baru tampil sekitar 12 menit, pemain berpaspor Belanda itu tak sanggup melanjutkan pertandingan. Walhasil, posisinya sebagai bek tengah pun langsung digantikan oleh Joe Gomez.

Pada duel lanjutan Liga Inggris 2019/2020 itu sendiri, Liverpool hanya bermain imbang 2-2 melawan Everton. Dua gol The Reds dicetak oleh Sadio Mane (3') dan Mohamed Salah (72'). Sedangkan tuan rumah mampu menyamakan kedudukan melalui Michael Keane (19') dan Dominic Calvert-Lewin (81').

1. Jurgen Klopp beberan kondisi cedera bek andalannya

Cedera ACL, Virgil van Dijk Terancam Absen 8 Bulan Bela Liverpooltalksport.com

Pascalaga, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyebut jika Virgil van Dijk sedang dalam kondisi kurang baik. Menurut dia, sang pemain mengalami kesakitan di bagian lututnya usai mendapatkan terjangan horor dari kiper Timnas Inggris, Pickford.

"Saya tak tahu [kondisi cederanya itu separah apa], tapi yang pasti setelah kejadian itu kondisinya kurang baik, kata Jurgen Klopp dalam wawancara setelah pertandingan dikutip laman resmi klub.

Tak pelak, berbagai spekulasi buruk pun bermunculan. Van Dijk disebut bisa absen membela Liverpool sampai delapan bulan ke depan akibat kerusakan ligamen ACL yang cukup parah ini.

Baca Juga: Liverpool Vs Everton Tanpa Pemenang

2. Virgil van Dijk jadi andalan di jantung pertahanan Liverpool

Cedera ACL, Virgil van Dijk Terancam Absen 8 Bulan Bela Liverpooltelegraph.co.uk

Jika kondisi tersebut benar, tentu cederanya pemain berusia 29 tahun itu jadi kerugian besar bagi Liverpool. Sebab sejauh ini Virgil van Dijk selalu jadi andalan di jantung pertahanan tim. Perannya pun tak tergantikan hingga Liverpool akhirnya bisa meraih gelar Liga Champions dua tahun silam dan Liga Inggris musim lalu.

Kontribusinya untuk Liverpool pada duel melawan Everton pun cukup baik. Terbukti, usai dirinya ditarik ke luar lapangan oleh Klopp, The Reds langsung kebobolan pada menit ke-19.

"Virgil tampil untuk kami, saya tidak bisa menghitung berapa laga yang telah dilalui secara berurutan. Tadi dia tampil dengan rasa sakit, tapi masih bisa mengeluarkan penampilan terbaiknya. Hanya saja dia tak bisa melanjutkan penampilannya. Itu jadi pertanda tidak baik," ujar mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

3. The Reds ditunggu laga-laga sulit saat Van Dijk absen

Cedera ACL, Virgil van Dijk Terancam Absen 8 Bulan Bela Liverpoolstandard.co.uk

Kehilangan Virgil van Dijk tentu saja bisa meninggalkan cela menganga di lini belakang Liverpool. Padahal, mereka ditunggu laga-laga sulit melawan tim besar. Sehingga, usaha mereka untuk mewujudkan target dua musim menjadi juara Liga Inggris secara beruntun pada edisi kali ini, semakin berat.

Tak hanya itu, Liverpool juga bakal tampil tanpa Virgil van Dijk saat mengawali perjalanannya di ajang Liga Champions 2020-2021.Mohamed Salah dan kolega bakal away ke markas Ajax Amsterdam pada laga yang digelar 22 Oktober 2020 nanti.

Baca Juga: 8 Pemain Terbaik Pengguna Jersey No.7 di Liverpool, Siapa Saja?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya