Klub Serie A Mulai Berlatih Hari Ini, Kelanjutan Kompetisi Belum Pasti

Pemerintah punya opsi menghentikan Serie A 2019/2020

Jakarta, IDN Times - Klub kontestan Serie A akhirnya bisa kembali menggelar latihan mulai Senin (4/5) setelah pemerintah setempat memberikan kelonggaran dalam aturan lockdown bagi klub sepak bola.

Sebelumnya pemerintah keukeuh setiap klub harus menunggu dua pekan lagi sebelum bisa kembali menggelar latihan. Namun, karena suatu alasan, akhirnya klub diizinkan melakukan latihan.

1. Pemerintah Italia masih mengkaji izin pertandingan Serie A

Klub Serie A Mulai Berlatih Hari Ini, Kelanjutan Kompetisi Belum Pastilegaseriea.it

Sejumlah tim memastikan siap kembali menggelar latihan, termasuk Napoli, AS Roma, Inter Milan, dan Juventus. Bahkan klub yang paling terakhir disebutkan sudah memanggil pemain-pemain asingnya untuk segera kembali ke Turin.

Hal itu mengindikasikan jika kompetisi domestik Italia bakal secepatnya bergulir. Terlebih, mayoritas tim saat ini menyatakan kesiapannya untuk kembali meneruskan Serie A musim 2019/2020 hingga tuntas.

Meski begitu, pemerintah Italia dilaporkan masih akan mengkaji lebih lanjut apakah bakal memberikan izin pertandingan atau tidak. Justru, kabar menyebutkan ada kans Serie A musim ini kemungkinan bakal dihentikan.

2. Direktur Lazio berang jika pemerintah menghentikan Serie A musim ini

Klub Serie A Mulai Berlatih Hari Ini, Kelanjutan Kompetisi Belum Pastiwww.instagram.com/officialsslazio

Opsi menghentikan kompetisi ditentang sejumlah klub, salah satunya Lazio. Direktur Lazio, Igli Tare, menilai keputusan melanjutkan atau menghentikan kompetisi bukanlah wewenang pemerintah. 

"Saya dengar, bakal keluar perintah hukum agar kompetisi musim ini dihentikan. Katanya kabar itu bakal diumumkan mungkin pekan ini, tapi itu sebenarnya bukan ranah mereka (pemerintah)," kata pria asal Albania itu dikutip dari Sky Sports.

3. Keputusan nasib kompetisi ada di tangan FIFA dan UEFA

Klub Serie A Mulai Berlatih Hari Ini, Kelanjutan Kompetisi Belum Pastiuefa.com

Dia mengungkapkan hal itu tak sejalan dengan perintah FIFA dan UEFA selaku asosiasi yang punya wewenang itu. Keduanya meminta kompetisi dilanjutkan pada Juni-Agustus 2020. Waktu tersebut ideal karena ada keuntungan dari Piala Dunia 2022 yang bakal dihelat pada musim dingin nanti.

"Keputusan menyelesaikan musim ini juga merupakan bentuk keseriusan klub untuk mempersiapkan diri menghadapi musim selanjutnya. Oleh sebab itu, sebelum kembali memulai kompetisi, semua wajib melakukan tes serologis," tukas dia.

Baca Juga: Diincar Barcelona dan Juventus, Tottenham Siap Lepas Tanguy Ndombele

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya