KNVB Resmi Batalkan Eredivisie Musim Ini, Ajax Dipastikan Gagal Juara

Ajax dan Az Alkmaar

Jakarta, IDN Times - Imbas pandemik virus corona membuat pemerintah Belanda memperpanjang larangan aktivitas berskala besar hingga September 2020. Kebijakan ini membuat Federasi Sepak Bola Belanda atau KNVB terpaksa menghentikan Liga Belanda  Eredivisie musim ini.

Dilaporkan dari BBC, KNVB menyatakan sangat sulit melanjutkan kompetisi di tengah larangan pemerintah setempat melarang digelarnya semua even. Walhasil, pilihan sulit untuk membatalkan kompetisi musim ini pun diambil.

"KNVB mengatakan tak mungkin menggelar pertandingan, karena pertandingan harus mendapat izin dari Kepolisian. Tidak boleh ada pertandingan sebelum 1 September," kata KNVB dalam pernyataan resminya.

1. Tak ada klub promosi dan degradasi musim ini

KNVB Resmi Batalkan  Eredivisie Musim Ini, Ajax Dipastikan Gagal Juarazimbio.com

Penghentian kompetisi ini berdampak pada klub promosi dan degradasi. KNVB memutuskan tak ada tim yang dinyatakan juara dalam ajang musim ini. Sedangkan, mereka juga menutup tim yang akan degradasi, sekaligus menutup pintu untuk klub kasta kedua (Eerste Divisie) di tiga posisi teratas untuk promosi musim depan.

Kompetisi sendiri sebetulnya masih menyisakan delapan pekan lagi. Dan, persaingan di papan atas klasemen begitu ketat, karena tiga tim masih berpotensi menjadi kampiun Liga Belanda pada edisi kali ini.

2. Ajax dan Az Alkmaar sama-sama mengoleksi 56 poin

KNVB Resmi Batalkan  Eredivisie Musim Ini, Ajax Dipastikan Gagal JuaraTwitter/@ManUtd

Ajax masih memimpin klasemen Eredivisie hingga pekan ke-26 ini karena berhasil mengoleksi 56 poin. AZ Alkmaar menguntit ketat di belakang dengan torehan poin serupa, dan hanya kalah selisih gol saja. Sedangkan, Feyenoord berada di posisi tiga dengan poin 50.

Artinya, meski berpeluang merengkuh trofi, kedua klub dipastikan pupus harapannya untuk bisa menjadi juara Eredivisie 2019/2020. Sebab, persaingan ketiga tim tak bisa dilanjutkan sampai babak akhir, karena tak ada lagi pertandingan dan tim yang dinyatakan jadi juara  Eredivisie kali ini.

3. Van Der Sar sebut wajar jika pemain kecewa karena kompetisi berhenti

KNVB Resmi Batalkan  Eredivisie Musim Ini, Ajax Dipastikan Gagal Juaraglasgowtimes.co.uk

Hal ini pun langsung ditanggapi oleh CEO Ajax Amsterdam, Edwin van der Sar. Menurut mantan kiper Manchester United itu, setiap pemain dan klub punya tujuan menjadi juara. Wajar jika keputusan ini membuat mereka kecewa.

"Anda ingin menunjukkan (meraih gelar juara) itu di lapangan dan kami telah memuncaki klasemen selama ini. Ini sangat berat, berbeda jika Anda tidak tak ada di jalur perebutan gelar juara, tapi dalam situasi seperti ini hal itu mungkin bisa dimengerti. Ada lebih banyak hal penting saat ini ketimbang sepak bola," kata VDS.

4. Eredivise jadi kompetisi pertama di Eropa yang berhenti akibat corona

KNVB Resmi Batalkan  Eredivisie Musim Ini, Ajax Dipastikan Gagal Juarableacherreport.com

Sementara, Feyenoord yang ada di peringkat tiga langsung tampil di babak utama Liga Europa musim depan. Mereka ditemani Willem II yang harus memulai kompetisi itu di babak kualifikasi kedua terlebih dahulu.

Liga Belanda menjadi kompetisi pertama di Eropa yang memutuskan untuk membatalkan musim 2019/2020. Sementara, kompetisi domestik di negara lain belum menentukan sikap, di luar Liga dan Bundesliga telah mengindikasikan untuk melanjutkan kompetisi musim 2019/2020.

Baca Juga: Chelsea dan Tottenham Memantau Kiper Ajax, Andre Onana

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya