Comscore Tracker

Virus Corona Masih Mengancam, AFC Tunda Piala Asia Futsal 2020

Timnas Indonesia juga tampil di Piala Asia Futsal 2020

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona yang merebak di Tiongkok berdampak pada event olahraga. Teranyar, federasi sepak bola tertinggi Asia, AFC, resmi menunda gelaran Piala Asia Futsal di Turkmenistan yang semula dijadwalkan bakal dihelat pada 26 Februari-6 Maret 2020.

Keputusan tersebut terpaksa diambil AFC setelah melakukan rapat dengan jajaran petinggi dan para stakeholders yang berhubungan dengan kejuaraan yang digelar dua tahun sekali itu. Hal itu dilakukan guna mencegah virus corona yang masih jadi momok menakutkan bagi seluruh warga dunia.

1. AFC menunda Piala Asia Futsal demi menjaga keselamatan tim peserta

AFC sendiri sudah mengumumkan secara resmi perihal diundurnya Piala Asia Futsal kali ini. Mereka mengunggah informasi tersebut langsung melalui media sosial Twitter resminya pada Senin (3/2).

"Langkah ini (penundaan Piala Asia Futsal) diambil lantaran kami khawatir dengan situasi terkini virus corona, keputusan ini sekaligus memastikan keamanan dan keselamatan tim-tim yang berpartisipasi," tulis AFC dalam pernyataan resminya itu.

"AFC bakal terus memantau dampak virus corona. Dan, terkait tanggal turnamen, baru akan diumumkan ketika situasi sudah mulai stabil," lanjut keterangan AFC itu.

Baca Juga: Akibat Virus Corona, 5 Idol Group Ini Batalkan Showcase Hingga Konser

2. Pertandingan tinju babak kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo juga ditunda karena virus corona

Virus Corona Masih Mengancam, AFC Tunda Piala Asia Futsal 2020Petugas medis dengan pakaian pelindung mengangkat pasien isolasi dari sebuah ambulans saat seluruh negeri dilanda wabah virus korona tipe baru, di Chengdu, provinsi Sichuan, Tiongkok, pada 2 Februari 2020. (ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS)

Sebelumnya, beberapa agenda olahraga juga harus ditunda lantaran wabah corona ini. Babak kualifikasi Olimpiade cabor tinju Asia-Oceania yang dijadwalkan digelar pada 3-14 Februari 2020 terpaksa dibatalkan. Hingga sejauh ini pun belum ada jadwal pengganti setelah imbauan Pemerintah Tiongkok tersebut.

Corona sendiri diketahui merupakan jenis virus baru yang terindikasi membuat penyebaran virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Tanda-tanda gejala orang yang terkena corona berupa demam karena radang di jaringan paru, batuk kering dan berdahak, serta kesulitan bernapas.

Pusat Analisis Penyakit Menular Global MRC di Imperial College London, memberikan peringatan kepada beberapa lembaga dunia, termasuk pemerintah Inggris dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait bahaya coronavirus itu.

Sebab, masih terngiang dalam ingatan, di mana coronavirus yang berkembang biak jadi SARS pada 2002 silam telah menjangkiti delapan ribu lebih orang di Tiongkok. Akibatnya, 774 orang harus meregang nyawa lantaran wabah berbahaya tersebut.

3. Timnas Futsal Indonesia juga tampil di Piala Asia Futsal 2020

Virus Corona Masih Mengancam, AFC Tunda Piala Asia Futsal 2020Instagram/@kensuke.takahashi

Memang agak sedikit disayangkan Piala Asia Futsal tahun ini harus tertunda. Sebab, masyarakat di Tanah Air juga sebetulnya sangat menantikan ajang tersebut. Maklum, Timnas Futsal Indonesia juga sebetulnya ikut berpartisipasi dalam turnamen terbesar futsal antara negara di Asia ini.

Dari 16 partisipan yang terbagi dalam empat grup, Timnas Futsal Indonesa di bawah komando Kensuke Takahashi berada di Grup C bersama beberapa tim kuat seperti Tiongkok, Bahrain, dan Uzbekistan. Mereka akan bersaing dengan 12 tim lain untuk memperebutkan lima tiket ke Piala Dunia Futsal 2020.

Baca Juga: Muhammad Osamanmusa, Bintang Timnas Futsal Thailand Keturunan Ghana

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya