Comscore Tracker

Wabah Virus Corona Melanda Eropa, Liga Belarusia Jalan Seperti Biasa 

Belarusia menganggap situasi negara masih aman

Jakarta, IDN Times - Di tengah virus corona yang meluas di Eropa, hampir seluruh kompetisi sepak bola mulai dari Premier League, LaLiga, Serie A, sampai Bundesliga harus ditangguhkan. Namun, tidak dengan Liga Belarusia. Kompetisi mereka masih berjalan normal seperti biasanya.

Federasi Sepak Bola Belarusia (BFF) masih belum menangguhkan kompetisi domestik karena punya banyak alasan. Walhasil, Liga Belarusia tercatat sebagai satu-satunya kompetisi sepak bola di negara yang jadi anggota UEFA yang masih menjalankan kompetisi walau pun coronavirus jadi episentrum di Benua Biru.

1. Keputusan menghentikan kompetisi tergantung dari kondisi masing-masing negara

Wabah Virus Corona Melanda Eropa, Liga Belarusia Jalan Seperti Biasa Sekretaris Jenderal BFF, Sergei Zhardetski, (marca.com)

Federasi sepak bola Belarusia belum menangguhkan liga domestik karena mereka percaya bahwa tindakan sepak bola yang berkelanjutan adalah langkah terbaiknya untuk sepak bola Belarusia. Menurut Sekretaris Jenderal BFF, Sergei Zhardetski, keputusan untuk terus bermain dilakukan berdasarkan data yang diberikan kepada BFF setiap hari oleh kementerian kesehatan dan kementerian olahraga.

"Situasi COVID-19 berbeda di setiap negara dan untuk ini alasan UEFA berpendapat bahwa terserah masing-masing federasi untuk membuat keputusan berdasarkan situasi masing-masing negara," kata Sergei Zhardetski dikutip dari Marca.

"Sangat positif bagi sepak bola kami untuk terus bermain dan tak bisa terelakan bahwa itu menarik perhatian seluruh dunia, tetapi kami memiliki tidak membuat keputusan (menangguhkan kompetisi) ini berdasarkan kriteria komersial atau ekonomi," lanjut dia.

2. Pihak BFF juga menyediakan fasilitas untuk bisa mengecek kesehatan suporter

Wabah Virus Corona Melanda Eropa, Liga Belarusia Jalan Seperti Biasa Para suporter sedang diperiksa suhu tubuhnya dalam sebuah pertandingan di Liga Belarusia. (marca.com).

Sejauh ini Belarusia sebetulnya tak terhindar dari pandemik tersebut. Total 350 kasus positif terjangkit virus corona tercatat di sana, tapi hal itu masih dianggap biasa dan belum ke status krisis dalam suatu wilayah.

UEFA maupun FIFA sendiri disebutkan tak meminta BFF untuk membatalkan liga. Namun, mereka tak lepas tanggung jawab, setiap stadion yang menggelar pertandingan wajib memenuhi pencegahan sesuai dengan anjuran pihak kesehatan, seperti menyediakan disinfektan dan dokter di pintu masuk untuk mengukur suhu suporter.

Pihak federasi juga mengembalikan keputusan kepada para suporter jika ingin datang atau tidak dalam suatu pertandingan.

3. Belarusia tak menutup kemungkinan bakal hentikan kompetisi

Wabah Virus Corona Melanda Eropa, Liga Belarusia Jalan Seperti Biasa Salah satu pertandingan di Liga Belarusia. (dailytimes.com.pk)

Akan tetapi, Zhardetski mengatakan tak menutup kemungkinan jika keputusan untuk menghentikan kompetisi bisa berhenti ke depan. Hal itu bisa terjadi melihat situasi dan kondisi keadaan di Belarusia apakah bakal dianggap kritis atau belum.

Belarusia sendiri merupakan negara yang terletak di Benua Eropa, yang kini jadi episentrum penyebaran virus corona. Italia (101.739 kasus) dan Spanyol (87.956 kasus) jadi negara paling parah terkena dampak pandemik tersebut. Sementara, Amerika Serikat menjadi yang tertinggi setelah Eropa dengan 161.088 kasus virus Corona.

Baca Juga: 9 Aksi Pemain FC Barcelona Saat Physical Distancing, Mana Favoritmu?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya