Comscore Tracker

Wasit Belanda Bakal Pimpin Duel Italia vs Inggris di Final Piala Eropa

Bjorn Kuipers pernah dituding berkata kasar ke Verratti

Jakarta, IDN Times - Laga final Piala Eropa 2020 antara Italia melawan Inggris bakal digelar di Stadion Wembley pada 12 Juli 2021. Otoritas sepak bola Eropa, UEFA, pun sudah menunjuk wasit yang bakal menjadi pengadil di lapangan hijau. Dia adalah Bjorn Kuipers.

Kuipers merupakan wasit terbaik yang dimiliki Negeri Kincir Angin sampai sejauh ini. Ia merupakan wasit yang kenyang pengalaman memimpin laga-laga penting di dunia, seperti Liga Champions, Piala Dunia hingga Piala Eropa.

Wasit berusia 47 tahun itu memulai karier sebagai pengadil di Liga Belanda. Usai menjalani beberapa kursus lisensi wasit, kini ia akan menjadi wasit pertama asal Belanda yang memimpin final Piala Eropa.

1. Ditemani dua asisten wasit dari Belanda

Wasit Belanda Bakal Pimpin Duel Italia vs Inggris di Final Piala EropaBjorn Kuipers, wasit asal Belanda yang bakal memimpin final Piala Eropa 2020. (ed.nl).

Dikutip laman resmi UEFA, Kuipers bakal ditemani dua asisten wasit yang sama dari Belanda dalam duel nanti. Mereka adalah Sander van Roeken dan Erwin Zeinstra.

Sementara, wasit keempat yang bakal menemani di lapangan adalah Carlos Del Cerro Grande.

Sedangkan, wasit Bastian Dankert bakal memantau video assistant referee atau VAR dalam duel ini. Ia ditemani tiga orang lainnya, yakni Pol van Boekel, Christian Gittelmann, dan Marco Fritz.

Baca Juga: Final Idaman Piala Eropa 2020: Inggris Vs Italia

2. Kuipers sudah jalani enam laga final

Wasit Belanda Bakal Pimpin Duel Italia vs Inggris di Final Piala EropaBjorn Kuipers, wasit asal Belanda yang bakal memimpin final Piala Eropa 2020. (barcablaugranes.com).

Sudah enam pertandingan final dijalani Kuipers sepanjang kariernya. Laga final Euro 2020 antara Italia melawan Inggris bakal jadi yang ketujuh untuk Kuipers. Tentu, semua berharap dia bisa menjadi pengadil yang baik di lapangan. 

Berbicara pengalaman, beberapa laga penting memang acap kali dipimpin oleh Kuipers, sebut saja laga final Liga Champions 2016 yang mempertemukan Real Madrid melawan Atletico Madrid. Derbi Madrid itu dimenangkan Los Blancos lewat drama adu penalti.

Pada Piala Eropa edisi kali ini, Kuipers sudah memimpin dua pertandingan di fase grup, yakni duel antara Denmark melawan Belgia dan laga Slovakia melawan Spanyol. Terakhir, ia menjadi pengadil dalam duel babak perempat final antara Republik Ceko melawan Denmark.

3. Pernah dituding melontarkan kata-kata kasar ke Marco Verratti

Wasit Belanda Bakal Pimpin Duel Italia vs Inggris di Final Piala EropaBjorn Kuipers, wasit asal Belanda yang bakal memimpin final Piala Eropa 2020. (standard.co.uk).

Namun, sepak terjang Kuipers di lapangan sebagai wasit tak lepas dari kontroversial. Ia dituding mengeluarkan kata-kata kasar saat babak semifinal Liga Champions 2020/2021. Kala itu duel mempertemukan Paris Saint-Germain (PSG) melawan Manchester City. 

Menariknya kata-kata kasar yang konon diucapkan Kuipers itu, dilontarkan kepada Marco Verratti, pemain Italia yang notabene bakal tampil dalam final Piala Eropa 2020. Hal ini terang saja membuat sang pemain punya kekhawatiran lain yang bakal merugikan Gli Azzurri.

Baca Juga: Fakta Inggris dan Italia: Tertangguh di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya