Wayne Rooney Malaysia Tak Main di Piala AFF, Indonesia Jangan Lengah

Malaysia boyong pemain naturalisasi ke Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan bakal melakoni derby Melayu melawan Malaysia di fase grup Piala AFF 2020. Maklum, keduanya tergabung di Grup B bersama Vietnam, Kamboja, dan Laos. 

Menariknya, Indonesia dan Malaysia bentrok di pertandingan terakhir fase grup ajang dua tahunan ini. Bisa jadi, laga itu bakal jadi penentuan salah satu tim yang lolos ke fase gugur dan tensinya akan meninggi.

Malaysia, boleh dibilang, jadi salah satu lawan terberat Indonesia selain Vietnam di fase grup. Mereka juga punya prestasi mentereng ketimbang Indonesia di Piala AFF. Buktinya, mereka pernah menjadi kampiun di ajang ini pada edisi 2010. Kebetulan, lawan yang dikalahkan saat itu adalah Pasukan Garuda.

1. Tanpa titisan Wayne Rooney

Wayne Rooney Malaysia Tak Main di Piala AFF, Indonesia Jangan LengahDion Cools, pemain baru Timnas Malaysia. (twitter.com/FAM_Malaysia)

Malaysia hanya membawa 24 pemain saja di Piala AFF 2020. Menariknya, pelatih Tan Cheng Hie memutuskan untuk mencoret enam pemain yang berhalangan tampil dengan berbagai alasan, termasuk striker yang jadi momok Timnas Indonesia dan berjuluk Wayne Rooney Singa Malaya, Mohamadou Sumareh.

Keputusan kontroversialnya membuat pendukung Malaysia gusar, karena Tan tetap membawa penyerang naturalisasi, Guilherme de Paula. Padahal, pemain Johor Darul Takzim ini tampil kurang meyakinkan di Liga Super Malaysia musim ini dengan hanya mengoleksi empat gol dan tiga assist.

Namun demikian, Dion Johan Cools dipastikan tetap ikut bersama skuad Negeri Jiran. Dia akan menjadi andalan di lini belakang Malaysia, dan pemain yang saat ini membela klub Belgia, KV Kortrijk, yakni Hakim Shamsudin diproyeksikan mengisi lini depan bersama De Paula.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2020

2. Optimisme Malaysia

Wayne Rooney Malaysia Tak Main di Piala AFF, Indonesia Jangan Lengahwww.affsuzukicup.com

Walau datang dengan kekuatan yang kurang ideal, Tan tetap optimistis Malaysia bisa berbuat banyak di Piala AFF. Dia bahkan sesumbar menyebut anak asuhnya merupakan salah satu kandidat juara di ajang ini, karena punya kekuatan merata dalam skuad yang diisi kombinasi pemain senior dan junior tersebut.

Seharusnya, situasi macam ini bisa dimanfaatkan Indonesia. Apalagi, Pasukan Merah Putih datang dengan kekuatan terbaiknya, dengan membawa Elkan Baggott hingga Ezra Walian, yang bisa menjadi kunci untuk bisa mengalahkan Malaysia dalam penyisihan grup.

Sebab, melihat kekuatan tim dalam beberapa tahun terakhir, tim besutan Shin Tae Yong bakal lebih mudah saat berhadapan dengan Malaysia ketimbang Vietnam. Alasannya, Vietnam punya pemain-pemain yang kualitasnya lebih baik dan sudah lama tampil bersama di berbagai ajang.

3. Daftar lengkap pemain Malaysia yang diboyong ke Piala AFF 2020

Wayne Rooney Malaysia Tak Main di Piala AFF, Indonesia Jangan LengahTimnas Malaysia berlatih jelang Piala AFF 2020 (twitter.com/FAM_Malaysia)

Kiper
Khairulazhan Khalid, Khairul Fahmi Che Mat, Kalamullah Al-Hafiz.

Belakang
Dion Johan Cools, Junior Eldstal, Aidil Zafuan Abdul Radzak, Shahrul Saad, Rizal Ghazali, Syahmi Safari, Arif Fadzilah Abu Bakar, Quentin Cheng, Dominic Tan.

Gelandang
Safawi Rasid, Baddrol Bakhtiar, Syafiq Ahmad, Ariff Farhan Isa, Faisal Abdul Halim, Mukhairi Ajmal Mahadi, Arif Aiman, Akhyar Abdul Rashid.

Penyerang
Guilherme de Paula, Luqman Hakim Shamsudin, Shahrel Fikri Fauzi, Kogileswaran Raj.

Baca Juga: Hitam Putih Perjalanan Timnas Indonesia Selama Piala AFF

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya