Widodo Sesumbar Skuad Persita Bisa Redam Bali United

Persita masih tampil inkonsisten di Liga 1 2021/22

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persita, Widodo C Putro, mengaku sudah mengantongi kekuatan Bali United, yang bakal jadi lawan mereka di laga lanjutan Liga 1 2021/22, Senin (17/1/2022). Ia pun akan membuat calon lawannya itu tak berkutik di lapangan saat duel keduanya berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Ya tentunya Bali ini kan masih tetap dilatih Coach Stefano Cugurra [Teco]. Karakter dan gaya bermainannya hampir mirip, hampir sama. Yang membedakan itu adalah adanya beberapa pemain baru yang datang,” kata Widodo dalam sesi konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Bali United memang mendapatkan pemain baru berkualitas pada putaran kedua ini. Selain pemain Timnas Indonesia, Irfan Jaya, mereka juga mendatangkan legiun asing anyar bernama Privat Mbarga. Keduanya bahkan sudah memberikan kontribusi cukup baik bagi skuad Serdadu Tridatu.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Bali United, Jadi Batu Sandungan Persib Bandung

1. Sudah tahu cara mematikan Irfan Jaya dan Privat Mbarga

Widodo Sesumbar Skuad Persita Bisa Redam Bali UnitedPrivat Mbarga (baliutd.com)

Namun demikian, Widodo tak merasa terancam. Ia sesumbar sudah tahu cara untuk meredam permainan Irfan dan Privat. Sehingga, ia yakin, ancaman yang akan masuk ke pertahanan bakal bisa diredam skuad Persita.

Tak hanya fokus untuk menganalisis kekuatan lawan, pelatih berusia 51 tahun itu juga terus membenahi kekuatan timnya. 

“Kami, sudah tahu, contohnya Irfan Jaya. Kami juga sudah tahu tipikal bermainnya, cara bagaimana. Dan tentu pemain asingnya Privat juga, kami sudah mengetahui nanti bagaimana menutup pergerakan mereka. Tapi yang terpenting kami konsolidasi ke dalam tim kami sendiri bagaimana saat kita bertahan dan bagaimana saat kita menyerang untuk meraih poin,” ujar eks pelatih Bali United.

Baca Juga: Widodo Mau Persita Menang atas Persela untuk Perbaiki Peringkat

2. Persita masih belum konsisten

Widodo Sesumbar Skuad Persita Bisa Redam Bali UnitedPemain Persib, Abdul Aziz (tengah) mencoba melewati sejumlah pemain Persita saat pertandingan Piala Menpora di Stadion Maguwoharjp, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (29/3/2021). ANTARA/Hendra Nurdiyansyah/rwa.

Widodo sendiri memang masih memiliki pekerjaan rumah untuk segera membenahi penampilan Persita yang inkonsisten. Sejak putaran pertama digelar, ia masih sulit membuat skuad Pendekar Cisadane tampil stabil setiap pekan. Beberapa pekan lalu, timnya bahkan sempat terlempar di posisi 10 besar.

Beruntung, saat bentrok dengan Persela pekan lalu. Mereka bisa meraih kemenangan merangsek ke peringkat sembilan. Kini, Widodo pun meminta anak asuhnya terus bisa mempertahankan penampilan bagusnya di lapangan kontra Bali United.

“Kami di setiap pertandingan ini adalah kompetisi. Kompetisi itu seyogyanya terus untuk memperbaiki peringkat. Jadi kami punya motivasi dalam setiap pertandingan ada target. Jadi ada dua target yang memang kami canangkan. Satu, target memperoleh hasil maksimal yaitu kemenangan,” bebernya.

Baca Juga: Resmi! Persita Gaet Pemain Keturunan dari Inggris

3. Minimal tak kalah dalam sebuah pertandingan

Widodo Sesumbar Skuad Persita Bisa Redam Bali UnitedInstagram.com/widodocp7

Namun demikian, ia tak mau menekan anak asuhnya untuk selalu menang, termasuk saat berhadapan dengan Bali United. Setidaknya, ia ingin anak asuhnya bisa menunjukkan perjuangan maksimal di lapangan dan minimal tak mengakhiri pertandingan dengan kekalahan.

“Kalaupun tidak bisa memenangkan [pertandingan], ada target yang kedua, jangan sampai kami kalah. Itu adalah bentuk motivasi kami. Bukan takabur, tapi itu adalah motivasi kami dalam setiap pertandingan. Tetap harus fight dan itu yang harus kami kejar,” kata Widodo lagi.

Jika mampu meredam Bali United, Persita bisa berpotensi terus merangsek ke papan atas klasemen Liga 1. Namun jika hasil sebaliknya, tim asuhan Widodo bisa kembali terlempar dari posisi 10 besar dan membuat kans mereka finish di papan atas semakin sulit.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya