Comscore Tracker

Wonderkid Persija Catat Rekor Baru di Liga 1

Donny Tri Pamungkas lakukan debut saat masih 16 tahun

Jakarta, IDN Times - Rekor anyar kembali terukir dalam kompetisi Liga 1 2021/2022. Kali ini, pemain muda Persija Jakarta, Donny Tri Pamungkas, mencatatkan diri sebagai debutan termuda sepanjang sejarah kompetisi Liga 1. 

Dia mampu menggeser pemain Madura United, Ronaldo Kwateh yang sebelumnya menorehkan rekor tersebut.

Sebelumnya, anak kandung dari eks pemain asing Liga Indonesia, Roberto Kwateh, itu membuat rekor jadi debutan termuda di usia 16 tahun 10 bulan. Dia tampil saat Madura United bentrok dengan TIRA-Persikabo 3 September 2021.

Catatan itu tak bertahan lama, karena Donny Tri melakoni berhasil melewatinya. Dia melakukan debut di Liga 1 dalam usia 16 tahun delapan bulan 17 hari.

1. Senang dengan kesempatan yang ada

Wonderkid Persija Catat Rekor Baru di Liga 1Pelatih baru Persija, Angelo Alessio. (persija.id)

Mencatatkan diri sebagai debutan termuda, Donny bersyukur bisa mendapat kepercayaan lebih dari pelatih Persija, Angelo Alessio. Menurut dia, hal itu cukup penting, karena jadi momentum membuktikan diri bisa bersaing dalam skuad Macan Kemayoran yang diperkuat banyak pemain senior. 

“Saya sangat berterima kasih kepada pelatih karena memberikan menit bermain. Kesempatan yang sudah diberikan ini adalah momen yang sangat berharga dalam karier saya," kata Dony dalam rilis resmi Persija.

Baca Juga: [BREAKING] Persija Ditahan Persita di Pakansari

2. Macan Muda ke-7

Wonderkid Persija Catat Rekor Baru di Liga 1Persija menurunkan pemain mudanya Ilham Rio Fahmi saat bentrok dengan PSIS di pekan kedua Liga 1 2021/2022. (Dok. Persija).

Dia tak mengambil pusing soal rekor yang dipecahkan di Liga 1. Pemain kelahiran  11 Januari 2005 itu memilih fokus memperbaiki diri untuk bisa diberi kepercayaan kembali oleh Alessio di laga-laga Persija ke depan saat mengarungi Liga 1.

"Terkait label pemain termuda hanya status saja. Yang terpenting bagi saya adalah harus bisa memberikan kontribusi untuk Persija di musim ini," ujar Donny.

Bagi Persija, ini merupakan pemain muda ketujuh yang diberikan kesempatan Alessio untuk mencicipi sengitnya Liga 1. Sebelumnya, ada Alfriyanto Nico Saputro, Radzky Syawal Ginting, Ilham Rio Fahmi, Raka Cahyana Rizky, Muhammad Salman Alfarid, dan Muhammad Ferarri, yang sudah diberi kesempatan lebih dulu.

3. Persebaya, Persib, hingga Persipura juga beri kesempatan pemain muda lakukan debut

Wonderkid Persija Catat Rekor Baru di Liga 1Pemain muda Madura United, Ronaldo Kwateh. (maduraunitedfc.com).

Sebetulnya, tak cuma Persija dan Madura United saja yang memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk tampil di pertandingan Liga 1. Beberapa klub seperti, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura, hingga Persib Bandung pun memberikan hal yang sama kepada beberapa wonderkid miliknya. 

Persebaya yang menunjukkan punya mutiara berkilau musim ini. Bekas pemain andalan Timnas U-16, Marselino Ferdinan, mendapat jatah debut di Liga 1. Pelatih Aji Santoso memberikan kesempatannya tampil pada babak kedua saat  Bajul Ijo bersua TIRA-Persikabo. 

Selain itu, masih banyak klub-klub yang memberikan kesempatan kepada pemain mudanya mencicipi kerasnya Liga 1, seperti Bayu Mohammad Fiqri (Persib), hingga Ramai Rumakiek (Persipura).

Baca Juga: Persija Guratkan Kemenangan Perdana di Liga 1 2021/22

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya