Membandingkan Duel Antar Lini Kroasia Vs Inggris, Siapa yang Terbaik?

#WorldCup2018 Keduanya pasti tampil habis-habisan

Timnas Inggris dipastikan bakal bermain habis-habisan saat bersua Kroasia pada babak semi final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Pasalnya, pasukan The Three Lions sedang lapar gelar setelah terakhir meraihnya pada Piala Dunia 1966.

Hanya saja tim besutan Gareth Southgate ini tak bisa mudah mengambil tripoin atas tim kuda hitam Kroasia. Walau Vatreni punya rekor kurang baik jika bertemu Inggris (4 kalah, 2 menang, 1 seri). Kali ini Kroasia memiliki kekuatan menakutkan di lini tengah.

Pastinya. Southgate harus berpikir keras untuk bisa mengimbangi lini tengah Kroasia yang diisi pemain macam Luca Modric dan Ivan Rakitic. Pemain muda Inggris akan mendapatkan lawan yang relatif lebih berbahaya jika dibandingkan lawannya di babak sebelmnya.

Oleh karenanya, hasil di laga ini akan ditentukan oleh pemain penting masing-masing tim di setiap lini. Bagaimanakah pertarungan antar lini Inggris vs Kroasia di atas lapangan hijau? Berikut ini gambarannya.

1. Danijel Subasic vs Jordan Pickford

Membandingkan Duel Antar Lini Kroasia Vs Inggris, Siapa yang Terbaik?JOE.co.uk

Jordan Pickford mampu menghentikan kutukan adu penalti Inggris dan membuktikan bahwa negara itu bisa menghasilkan pemain berkualitas di antara gawang. Dalam pertandingan melawan Kolombia dan Swedia, kiper Everton itu adalah pahlawan dan membantu upaya timnya mencapai semifinal turnamen kali ini.

Di sisi lawan, Subasic telah berhasil menghentikan empat penalti sepanjang turnamen, ia meningkatkan kepercayaan diri tim ketika generasi emas yang dihuni Luka Modric mendapatkan hambatan di lapangan.

Dalam duel dramatis melawan Rusia di perempat final, kiper berusia 33 tahun itu hampir meninggalkan lapangan karena ada masalah di pahanya. Tetapi ia tak bergeming dan kembali jadi pahlawan untuk menghentikan penalti Fedor Smolov dalam adu tos-tosan.

2. Dejan Lovren vs Harry Maguire

Membandingkan Duel Antar Lini Kroasia Vs Inggris, Siapa yang Terbaik?iverpoolfc.com

Lovren bakal jadi kunci dalam laga ini, sebab ia sudah mengenal seluruh pemain Inggris yang akan dihadapinya. Selain itu ia juga bakal jadi andalan Kroasia buat menangkal bola udara yang jadi andalan Inggris. Maklum, Lovren merupakan pemain yang paling banyak unggul dalam duel udara di skuat Kroasia. Total, ia 23 kali unggul duel udara.

Harry Maguire adalah jagoan udara milik Inggris, baik saat bertahan atau ketika menyerang. Ia berhasil menciptakan satu gol lewat sundulan di babak permpat final kontra Swedia. Total, ia 29 kali unggul duel udara dengan 11 clearances. Maguire bakal jadi karang bagi lini serang skuat Vatreni yang dimotori Mario Mandzukic.

3. Luka Modric vs Kieran Trippier

Membandingkan Duel Antar Lini Kroasia Vs Inggris, Siapa yang Terbaik?fourfourtwo.com

Motor permainan Kroasia. Luka Modric adalah sosok yang membuat permainan Kroasia tetap dinamis. Dari sisi operan, ia merupakan pemilik catatan terbanyak di tim (3607 passing), 11 operan di antaranya bahkan masuk langsung di kotak penalti. Pemain berusia 32 tahun itu juga merupakan sosok paling kreatif dalam tim. Pengalamannya akan menjadi kekuatan Vatreni dalam duel nanti.

Di sisi lain, Inggris memang kalah kelas dibandingkan gelandang lawan. Inggris hanya mengandalkan gelandang hijau macam Trippier. Ia tak berperan sebagai gelandang sentral. Perannya adalah sebagai bek sayap kanan yang rutin membombardir area sisi pertahanan lawan. Umpan silangnya cukup berbahaya. Terbukti ia mampu membuat satu assist. Total operan kuncinya merupakan yang terbanyak, yakni 12 kali.

4.Mario Mandzukic vs Harry Kane

Membandingkan Duel Antar Lini Kroasia Vs Inggris, Siapa yang Terbaik?fifa.com

Mario Mandzukic barangkali tipe penyerang tengah yang dibenci oleh banyak bek tengah. Ia sosok yang tak takut berduel dengan siapa pun. Ia memiliki tipikal striker yang sering mencari ruang ke daerah dan sulit dikawal oleh para bek tengah.

Walaupun ia baru mencetak satu gol, kemampuannya menahan bola demi menunggu rekan-rekan setimnya terlibat dalam permainan sangat efektif.

Sementara, Harry Kane adalah penyerang paling produkif di Piala Dunia 2018 sampai saat ini. Ia mampu menyumbangkan 5 gol dan mampu menjadi pemimpin dan kepanjangan tangan dari Southgate.

4 gol lahir dari kaki kanannya yang paling mematikan dan satu sisanya lewat kepala. Tentu ia akan jadi ancaman serius bagi Lovren dkk dalam laga nanti.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya