Comscore Tracker

Gol Telat Coutinho dan Neymar Antarkan Brasil Meraih Kemenangan

#WorldCup 2018 Brasil mampu meraih tiga poin perdana!

St Petersburgh, IDN Times - Timnas Brasil berhasil menang dengan susah payah atas Kosta Rika dalam lanjutan pertandingan di Grup E Piala Dunia 2018 yang digelar di Saint Petersburgh Stadium, Jumat (21/6). Coutinho dan Neymar mampu menciptakan gol di penghujung laga dan membuat timnya unggul 2-0.

Pelatih Brasil, Tite hanya mengganti satu pemain dalam starter di pertandingan kali ini. Danilo yang dimainkan sejak awal di posisi bek kanan saat melawan Swiss diganti Fagner.

Dimainkannya Fagner tentu saja guna menambah eksplosifitas Brasil dalam menyerang.

Tim Samba langsung mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Tim besutan Tite itu tak memiliki pilihan selain bermain lebih menyerang. Hanya saja, pemain belakang Kosta Rika bermai cukup disiplin.

1. Costa Rika sulit untuk menyerang

Gol Telat Coutinho dan Neymar Antarkan Brasil Meraih Kemenangan fifa.com

Terus mendapatkan tekanan di awal babak pertama membuat Kosta Rika tak bisa mendistribusikan bola kedepan. Satu-satunya serangan mereka ketika bola langsung diarahkan ke Marcos Urena yang sendirian di depan. Namun, hal itu sia-sia karena ia tak mampu berduel dengan dua bek sendirian.

Brasil mendapat peluang pertama melalui tendangan bebas melaui Neymar di menit ke-11, namun belum bisa berbuah gol bagi Brasil. 16 menit berselang giliran Gabriel Jesus mampu menggetarkan jala gawang Keylor Navas memanfaatkan skrimit di depan gawang. Tapi, gol itu dianulir karena ia terlbei dahuu terperangkap offside.

2. Brasil tampl dominan di babak pertama

Gol Telat Coutinho dan Neymar Antarkan Brasil Meraih Kemenangan fifa.com

Brasil terus tingkatkan serangan, menit ke-32 Neymar kembali membuka peluang lewat bola menyilang tepat di depan gawang. hanya, pemain belakang Kosta Rika, Oviedo mampu menghalau bola lewat sundulan yang menyelamatkan mereka dari kebobolan.

Hingga akhir babak pertama Brasil terus menekan dan menguasai pertandingan. Terbukti mereka mampu menguasai bola sebanyak 68 persen. Akan tetapi, hal itu tak bisa membuat Selecao bisa menciptakan gol. Sampai turun minum skor kacamata tak berubah.

3. Brasil mampu mencetak dua gol di injury time

Gol Telat Coutinho dan Neymar Antarkan Brasil Meraih Kemenangan fifa.com

Memasuki interval kedua Tite melakukan sedikit perubahan, Douglas Costa dimasukan menggantikan Willian untuk menambah daya gedor serangan. Terbukti, serangan Brasil di awal babak kedua semakin menggila.

Menit ke-67 Brasil kembali melakukan rotasi, Robert Firminho menggantikan Paulinho. Perubahan itu tak sia-sia, gelombang serangan Brasil menjadi lebih tajam.

Memasuki menit ke-72, wasit melakukan keputusan kontroversial. Ia menganulir keputusannya menghadiahi Brasil penalti. Setelah melihat VAR, Neymar dianggap melakukan diving sehingga Brasil tak jadi diberi hadiah.

Saat injury time, tepatnya menit ke-91 Coutinho akhirnya mampu menciptakan gol lewat sontekan memanfaatkan umpan Gabriel Jesus. Gol itu jadi mimpi buruk bagi Kosta Rika yang tampil dsiplin sepanjang laga.

Brasil kembali menggandakan keunggulan, Neymar mampu merobek gawang Navas untuk kedua kalinya dipenghujung laga. Ia berhasil memanfaatkan umpan Costa sehingga membuat Brasil mampu unggul dua gol tanpa balas.

Hasil ini mengantarkan Brasil meraih kemenangan perdananya di Piala Dunia 2018, sekaligus membuat Neymar dan kolega untuk sementara memimpin grup E dengan raihan empat poin dari satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya