Inggris Pastikan Melangkah ke Fase Knock-Out Usai Cukur Panama 6-1

#WorldCup2018 Fan Inggris pasti senang kan!

Timnas Inggris berhasil mamastikan diri lolos ke babak 16 besar piala dunia 2018 Rusia. Kepastian itu didapat usai Harry Kane dan kolega mampu mencukur Panama dengan skor 6-1 pada laga kedua Grup G yang digelar di Nizhny Novgorod Stadium, Minggu (24/6/2018).

Skuat The Three Lions yang mayoritas diisi pemain-pemain muda sudah menguasai jalannya pertandingan sejak awal babak pertama. Engine room yang dipimpin oleh Henderson mampu menghidupkan serangan Inggris.

Namun, di menit ke-4 Inggris jutru dikejutkan oleh serangan cepat Panama. Gelandang tim berjuluk Marea Roja, Godoy menerima sodoran manis dari rekannya, sayang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Inggris yang dikawal oleh Jordan Pickford.

1. Inggris unggul cepat

Inggris Pastikan Melangkah ke Fase Knock-Out Usai Cukur Panama 6-1fifa.com

Tiga menit berikutnya atau tepatnya di menit ke-8, Inggris justru mampu mencetak gol lewat pemain belakangnya, John Stones. Tanpa pengawalan, Ia berhasil menceploskan bola memanfaatkan umpan tendangan penjuru dari Trippier. Skor pun berubah untuk keunggulan Inggris menjadi 1-0.

Setelah tertinggal, Panama melakukan inisiatif serangan, menit ke-14 mereka mendapatkan peluang lewat tendangan placing Barcenas dari luar kotak penalti. Hanya, tendangannya masih menyamping di sisi gawang Pickford.

Delapan menit berselang Inggris justru menggandakan keunggulan, Kane berhasil mencetak gol lewat titik putih. Ia mampu menjalani tugasnya sebagai algojo penalti dengan baik dan membuat Inggris unggul 2-0.

2. Panama malah tertinggal jauh

Inggris Pastikan Melangkah ke Fase Knock-Out Usai Cukur Panama 6-1fifa.com

Selepas gol kedua, Inggris tak mengendorkan serangan, buktinya mereka kembali mejebol gawang Penedo. Kali ini giliran Linggard yang berhasil mencetak gol pada menit ke-36. Ia melakukan kerjasama apik dengan Sterling, dan mengakhirinya dengan tendangan melengkung dari luar kotak 12 pas yang mampu menjebol gawang Panama untuk ketiga kalinya.

Petaka kembali terjadi, pada menit ke-40. Stones mampu membuat brace lewat kepalanya, setelah sebelumnya menyambar tepisan dari kiper Panama. Sehingga margin gol bertambah dan membuat Inggris unggul 4-0.

Di penghujung babak pertama, Inggris kembali mendapat hadiah penalti. Itu terjadi lantaran pemain Panama, Godoy melakukan pelanggaran saat berduel dengan Stones di kotak terlarang. Kane yang kembali dipercaya jadi eksekutor kembali mampu mencetak gol untuk timnya menjadi 5-0 dan skor itu bertahan hingga turun minum.

3. Hary Kane membuat hatrick

Inggris Pastikan Melangkah ke Fase Knock-Out Usai Cukur Panama 6-1fifa.com

Di interval kedua Panama mencoba memperkecil margin gol. Namun sayang tendangan penjuru dari Rodriguez tak mampu disambut oleh rekan-rekannya. Setelah itu tim yang dinakhodai Hernan Gomez pun berani keluar menyerang.

Alih-alih bisa mencuri gol, Panama justru kembali kebobolan di menit 62. Kane kembali mampu mencetak gol sekaligus hatrick pertamanya di PD. Tendangan Loftus-Cheek tak sengaja membentur Kane dan bola berbelok sehingga membuat Penedo mati langkah.

Setelah itu Inggris melakukan rotasi dengan memasukan Delph menggantikan Linggard, Vardi menggantikan Kane, dan Rose mengganti posisi Trippier, untuk menambah darah segar di lapangan.

4. Panama mencetak gol penghibur

Inggris Pastikan Melangkah ke Fase Knock-Out Usai Cukur Panama 6-1fifa.com

Tertinggal enam gol, Panama tampil lebih lepas. Mereka mampu melakukan serangan-serangan berbahaya ke lini belakang Inggris. Tak sia-sia mereka akhirnya mampu menciptakan gol lewat pemain pengganti, yakni Baloy di menit ke-78.

Hingga peluit panjang berbunyi, Panama tak mampu kembali memperkecil kedudukan. Mereka harus menyerah dengan skor 6-1 di tangan Inggris. Hasil ini sekaligus membuat mereka langsung angkat koper dari PD Rusia karena sudah menderita dua kali kekalahan.

Sedangkan, bagi tim besutan Gareth Southgate hasil ini membuat mereka memastikan melaju ke fase gugur, sekaligus menempatkan mereka untuk sementara waktu berada di peringkat satu grup G, lantaran unggul selisih gol atas pesaing terdekatnya Belgia.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya