Duel Antar Lini Prancis Vs Belgia: Striker Mana yang Bisa Bikin Gol?

#WorldCup2018 Wah, bakal jadi duel seru nih jadinya!

Laga Big match di babak semifinal Piala Dunia 2018 akan tersaji di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Prancis akan bertemu lawan kuat tim yang terus meraih kemenangan dalam setiap laga sampai fase terakhir babak ini, yakni Belgia.

Laga ini akan berjalan alot, mengingat kedua tim mengincar kemenangan untuk maju selangkah lebih dekat menjadi kampiun di turnamen ini. Hanya ini tak akan mudah bagi Prancis. Sebab mereka tercatat agak sulit meraih kemenangan jika melawan Belgia.

Namun bagi Belgia juga partai ini tak akan mudah. Apalagi, Les Blues  memiliki kualitas pemain yang sama baiknya dengan tim besutan Roberto Martinez. Oleh karenanya, laga ini dipastikan akan berlangsung panas dan dibumbui oleh duel-duel seru antar lini dan masing-masing posisi.

Mungkin, sejarah yang bakal menjadi pembeda duel seru ini. Maklum saja, prancis pernah meraih gelar bergengsi ini dua puluh tahun silam. Tapi, siklus 20 tahun di mana Piala Dunia selalu lahirkan juara baru justru sedikit memihak ke sang lawan Rode Duevels.

Tapi tetap saja, hasil di laga ini akan ditentukan oleh pemain penting masing-masing tim di setiap lini. Bagaimanakah pertarungan antar lini Prancis vs Belgia di atas lapangan hijau, berikut ini gambarannya.

1. Pertarungan dua kiper hebat Premier League

Duel Antar Lini Prancis Vs Belgia: Striker Mana yang Bisa Bikin Gol?dailystar.co.uk

Pertarungan Prancis kontra Belgia bakal jadi pertarungan penjaga gawang terbaik di Premier League. Llorris (Tottenham) dan Courtois (Chesea) punya pengalaman dan jam terbang yang oke bersama klubnya di liga domestik.

Llorris mampu tampil konsisten dan selalu membuktikan kualitasnya bersama klubnya. Di timnas ia bahkan dipercaya menjabat posisi kapten karena diangap memiliki kematangan dan jiwa kepemimpinan yang baik.

Sedangkan Courtois namanya mulai melesat setelah bermain gemilang bersama Chelsea tiga musim terakhir. Ia juga mampu menggesae posisi Peter Cech di tempat utama, Bagi Ajie, laga ini merupakan pembuktian konsistensi.

Pasalnya, gemilang di laga perempat final kemarin dengan melakukan beberapa penyelamatan krusial. Meski demikian, dirinya masih harus diuji kembali oleh lini depan Prancis yang terkenal garang.

2. Tugas berat dua palang pintu

Duel Antar Lini Prancis Vs Belgia: Striker Mana yang Bisa Bikin Gol?darkroom.baltimoresun.com

Duel selanjutnya adalah pertarungan lini belakang antara Samuel Umtiti dan Jan Vertongen yang bakal beradu kuat sebagai palang pintu.

Dalam laga ini, Raphael Varane memiliki tugas mematikan Romelu Lukaku. Pekerjaan Umtiti bakal lebih berat dari Varane. Lukaku memiliki tendensi beroperasi di wilayah tengah dan kiri lawan. Itu adalah wilayahnya.

Dengan tinggi 'hanya' 182 cm, bek yang selama Piala Dunia 2018 baru melakukan lima pelanggaran itu harus meredam si raksasa Lukaku.

Sementara Vertongen berstatus bek Belgia yang paling banyak membuat tekel dan intersep di Piala Dunia 2018. Jumlahnya masing-masing enam. Ia akan kembali diuji saat bersua Prancis. Tugasnya terbilang berat, sebab di sisi kiri pertahanan ia musti meredam sektor terbaik serangan Les Bleus. Di kanan lawan punya Benjamin Pavard dan Kylian Mbappe.

3. Pertarungan dua gelandang Manchester United

Duel Antar Lini Prancis Vs Belgia: Striker Mana yang Bisa Bikin Gol?freesupertips.co.uk

Lini tengah menyajikan pertarungan menarik antara Paul Pogba dan Marouane Fellaini karena keduanya merupakan kolega di Manchester United. Keduanya merupakan sosok sentral dalam soal pembuat skema serangan. Tak ayal sektor ini akan jadi kunci untuk mencari siapa pemenang dalam duel panas ini.

Meski Pogba belum memperlihatkan penampilan istimewa di Piala Dunia 2018, ia tetap saja menjadi sentral bagi permainan Les Blues karena ia termasuk dalam daftar pemain Prancis yang paling sering bikin operan kunci (5). Memang jika dibandingkan dengan rekannya N'Golo Kante ia masih kalah dalam segi umpan per laga. Yakni (78,1) masih kalah dari Kante (89,4).

Sementara lawannya, Fellaini, berhasil buktikan kualitas. Setelah bikin gol penting ke gawang Jepang di 16 besar, Fellaini menjadi tampil baik saat melawan Brasil di perempat final. Kehadirannya membuat lini tengah Belgia lebih seimbang. Ia menjadi pemain non bek di kubu Rode Duivels yang paling sering melakukan sapuan (5 kali).

4. Striker Les Blues diminta buka keran gol

Duel Antar Lini Prancis Vs Belgia: Striker Mana yang Bisa Bikin Gol?thesportsman.com

Duel lini depan bakal jadi pertarungan milik Olivier Giroud dengan Romelu Lukaku. Giroud diminta untuk segera membuka keran golnya di laga ini. Pemain milik Chelsea ini nirgol dan tanpa tembakan tepat sasaran di PD 2018 ini.

Dari tujuh tembakannya, lima tak tepat sasaran dan dua lagi diblok lawan. Namun, dia berguna buat tim. Giroud terbanyak bikin operan kunci untuk Les Bleus (6 kali).

Lalu, Lukaku sebelumnya mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai bomber haus gol. Dirinya mampu mencetak empat gol di dua laga awal babak penyisihan. Namun memasuki fase gugur ia justru malah puasa gol. Sebenarnya, Lukaku memiliki postur yang tinggi kekar dengan penguasaan bola yang baik.

Hal itulah yang membuatnya mampu menjadi striker yang sangat ditakuti lawan. ia kerap mencetak gol dan membuat pergerakan yang berbahaya. Wajar jika dalam laga ini dia jadi tumpuan lini serang Belgia.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya