Musim Ini Jadi Musim Tersubur Welbeck di Premier League

Siapa fans Arsenal yang idolakan Welbeck?

Danny Welbeck menjadi pahlawan kemenangan 3-2 Arsenal atas Southampton dalam pekan ke-33 Premier League 2017/18 di Emirates Stadium, Minggu (8/4/2018).

Mantan penyerang Manchester United itu menyarangkan dua gol pada menit ke-38 dan ke-81. Welbeck juga menyumbang satu assist untuk gol pertama Arsenal yang dilesakkan Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-28.

Berkat tambahan dua gol tersebut, Welbeck kini mengemas Sembilan gol di semua kompetisi 2017/18, di mana lima gol terjadi di EPL. Total sembilan gol tersebut merupakan yang terbanyak Welbeck koleksi buat Arsenal dalam satu musim sejak bergabung pada 2014.

Sebelumnya, musim terproduktif pemain berumur 27 tahun itu di The Gunners adalah pada 2014/15 dengan torehan delapan gol. Saat pemain tersebut mengawali musimnya berseragam Arsenal.

1.   Awalnya Welbeck sempat diragukan di London

Musim Ini Jadi Musim Tersubur Welbeck di Premier Leaguefourfourtwo.com

Awal kedatangan Welbeck di Arsenal memang tak disambut dengan optimisme tinggi dari para pendukungnya. Sebab, para Gooner kala itu mengharapkan penyerang kelas dunia semacam Gonzalo Higuain atau Karim Benzema auntuk direkrut. Namun hingga tenggat transfer berakhir, manajemen malah mendatangkan Welbeck.

Keraguan pendukung Arsenal seolah terbukti. Pasalnya, Welbeck terlihat tak meyakinkan di beberapa laga awal. Tapi, ia berhasil merebut hati orang-orang yang meragukannya kala mencetak hattrick pada laga fase grup Liga Champion kontra Galatasaray.

Catatan itu juga merupakan pencapaian manis sang pemain. Karena, raihan itu merupakan hattrick pertamanya sebagai pesepak bola profesional.

Tak sampai di situ, Welbeck juga berhasil menjadi penentu kemenangan Arsenal atas eks klubnya, Manchester United, di laga perempatfinal Piala FA yang bertempat di Old Trafford. Gol yang ia ciptakan ini mengundang kontroversial. Sebab tanpa rasa canggung Welbeck melakukan  selebrasi di hadapan Mancunian selepas lesakan gol.

2.   Dikenal sebagai pencetak gol penting Arsenal

Musim Ini Jadi Musim Tersubur Welbeck di Premier Leaguearsenal.com

Dari situ, ia mulai dikenal sebagai pencetak gol penting bagi Arsenal. Satu yang paling membekas tentu sundulannya ke gawang Leicester City di Liga Primer Inggris musim 2015/2016.

Kala itu, Arsenal masih imbang dengan tamunya hingga menit 94, dan Welbeck yang masuk sebagai pengganti berhasil mencetak gol, memanfaatkan tendangan bebas terukur yang dilepaskan Mesut Özil. Sayangnya, kemenangan tersebut menjadi tak berarti karena pada akhirnya Leicester yang menjadi juara liga.

3. Pencetak gol yang jago kandang

Musim Ini Jadi Musim Tersubur Welbeck di Premier Leaguegivemesport.com

Namun untuk musim ini, dilihat dari catatan golnya, Welbeck mulai ditasbihkan sebagai  pencetak gol jago kandang. Sebab, semua gol yang ia ciptakan di EPL 2017/18 lahir saat dirinya tampil di Emirates.

Bila dihitung dari semua ajang musim ini, hanya sekali Welbeck dapat mencetak gol tandang. Yakni saat tampil di ajang Piala FA melawan Nottingham Forest, 7 Januari lalu.

Memang, untuk ukuran seorang striker, jumlah gol Welbeck bisa dibilang minim. Hal itu bisa dibandingkan dengan rekan lainnya yang berposisi gelandang, semisal Aaron Ramsey, yang mampu mengoleksi enam gol di EPL 2017/18 ini.

4.   Gol Welbeck lawan Soton menjadi penegas

Musim Ini Jadi Musim Tersubur Welbeck di Premier Leaguearsenal.com

Walau begitu, tetap saja julukan sebagai pencetak gol penting bagi Arsenal masih terpatri. Gol-gol yang tercipta dari pemain kelahiran Kota Manchester itu kerap menjadi momen kebangkitan, atau malah penentu kemenangan Arsenal musim ini.

Brace-nya kontra Sothampton pekan lalu menegaskan hal tersebut. Gol pertama Welbeck memberi keunggulan 2-1 buat Arsenal dan meningkatkan semangat anak asuh Arsen Wenger di laga itu. Kemudian, gol kedua Welbeck merupakan gol penentu tiga poin krusial Arsenal di kandangnya.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya